Citra Garuda Indonesia Pasca Kasus Penyelundupan Harley Davidson di Detik.Com Dan Tribunnews.Com

Genesia Tifany Tanzil(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra Garuda Indonesia yang terdapat dalam pemberitaan media online Detik.com dan Tribunnews.com pasca kasus penyelundupan Harley Davidson di Garuda Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori citra dengan indikator primary impression, familiarity, perception, preference, dan position yang di ungkapkan oleh Maria Vos. Selain itu ada pula variabel tambahan yakni narasumber berita. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra Garuda Indonesia dalam sampel yakni sebanyak 57 berita dari Detik.com dan 59 berita dari Tribunnews.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen citra Garuda Indonesia paling banyak digambarkan melalui elemen citra familiarity, dimana elemen tersebut menunjukkan pengenalan media terhadap perusahaan. Selain itu, sebagian besar pemberitaan di Detik.com dan Tribunnews.com mengambil narasumber dari eksternal perusahaan.


Keywords


Citra, Garuda Indonesia, Detik.com, Tribunnews.com, Kasus Penyelundupan Harley Davidson

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., & Soemirat, S. (2004). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djuraid, H. N (2006). Panduan menulis berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhamadiyah Malang.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Hardjana, A. (2008). Komunikasi dalam manajemen reputasi korporasi.5 (1), 12-13. Retrieved June, 1, 2020, from https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/215

L’Etang, J. (2008). Public Relations: Concept, Practice and Critique. Los Angeles: SAGE Publications.

Lidyana, V. (2019b, December 8). Erick Thohir Copot 4 Direktur Garuda. Detikfinance; detikcom. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4814158/erick-thohir-copot-4-direktur- garuda/1

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations: bagaimana PR menangani krisis perusahaan. Jakarta: Grasindo.

Regester, Michael and Judy.L. (2008). Risk issues and crisis management in public relations. London: Kogan Page Limited.

Vos, M., Henry S. (2006). Monitoring public perception of organisations. Den Haag: Boom Onderwijs

Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2016). Public Relations: strategies and tactics. Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI