Evaluasi Aktivitas Media Relations di Trans Studio Mall Bandung

Felicia Angelica Maria(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Otto Bambang Wahyudi(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Trans Studio Mall Bandung merupakan salah satu perusahaan yang rutin melakukan aktivitas media relations. Adapun berbagai aktivitas media relations yang dilakukan diantaranya media visit, special events, media gathering, dan press release. Penelitian ini meneliti mengenai evaluasi aktivitas media relations yang dilakukan oleh Trans Studio Mall Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan metode studi kasus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas media relations di Trans Studio Mall Bandung? Berdasarkan data yang sudah dianalisis dan diinterpretasi ditemukan bahwa aktivitas media relations dianggap sebagai salah satu bentuk promosi untuk meningkatkan revenue dan awareness masyarakat. Aktivitas media relations yang rutin dilakukan adalah media visit, special events, media gathering, dan press release namun dari aktivitas tersebut tidak pernah didukung dengan adanya evaluasi komunikasi yang terstruktur, sehingga proses evaluasi hanya menggunakan asumsi dan memori public relations. Melalui asumsi ini akhirnya menimbulkan bahwa seluruh kegiatan yang sudah dijalankan selama ini terlaksana dengan baik. Hingga saat ini public relations Trans Studio Mall Bandung tidak memiliki sebuah bentuk evaluasi yang terstruktur. Evaluasi penting karena asumsi tidak dapat dijadikan sebuah tolok ukur dalam menilai suatu kebenaran atau fakta yang terjadi di lapangan.


Keywords


Public Relations, Evaluasi, Media Relations, Trans Studio Mall Bandung

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2004). Press Relations: Kiat Berhubungan dengan Media Massa. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Cutlip, S. M. (2000). Effective Public Relations. In G. M. Broom, & A. H. Center, Effective Public Relations 8th Ed. (p. 588). New Jersey: Upper Saddle River.

Glen M. Broom. (2009). Cutlip & Center’s Effective Public Relations : Tenth Edition. New Jersey : Pearson Education Inc

Iriantara, Yosal (2004). Community Relations : Konsep dan Aplikasinya. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Kristyantono, Rachmat. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta:PRENADAMEDIA GROUP.

Moleong, L.J (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI