Evaluasi Strategi Program Customer Relationship Management Kayu Bihi Farm Bali dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Yohana Suwanto(1*), Felicia Goenawan(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi strategi program Customer Relationship Management yang dijalankan oleh Kayu Bihi Farm Bali dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Evaluasi merupakan suatu tindakan yang penting untuk dilakukan perusahaan untuk mengetahui tindak lanjut dari program yang telah dijalankan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus serta menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumentasi. Program Customer Relationship Management ini memiliki beberapa bentuk program di dalamnya yaitu Customer Gathering Community Sharing, Seminar dan Birthday Treatment. Evaluasi dilakukan berdasarkan sudut pandang pelanggan karena dalam hal ini, pelanggan adalah sasaran utama dari diadakannya program ini. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat diketahui bahwa Customer Gathering telah mencapai tujuannya, meskipun terdapat beberapa kendala seperti partisipasi pelanggan dan minimnya keterlibatan staff Kayu Bihi Farm selama pelaksanaan program. Sedangkan permasalahan pada program Community Sharing terletak pada penggunaan bahasa dalam menyampaikan materi, pemberian reward untuk games dan waktu pelaksanaan program. Pada program Seminar ditemukan bahwa program ini tidak mencapai tujuannya dikarenakan ketidakpuasan pelanggan terhadap waktu pelaksanaan program yang dirasa kurang efektif. Kemudian pada program Birthday Treatment permasalahan yang ada ditemukan pada waktu klaim diskon yang kurang serta waktu penyerahan kue yang tidak tepat sehingga hal ini menjadi faktor ketidakberhasilan pada program secara keseluruhan.


Keywords


Evaluasi, Program, Customer Relationship Management, Kayu Bihi Farm Bali, Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Effendy, Onong Uchjana. (1993). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya

Bakti

Gregory, Anne. (2004). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kertajaya, H. 2006. Hermawan Kertajaya on Marketing. Bandung: Mizan Media Utama (MMU).

Kotler, Philip, Keller, Kevin L. (2009). Marketing Management. 13rd ed. New Jersey: Pearson Education Inc.

Mintzberg, Henry, James, B. (1995). Strategy Process.New Jersey: Prentice Hall.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi Corporate Social. Responsibility.

Wirawan. (2012). Evaluasi:Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI