Evaluasi Aktivitas Media Relations Aston Cirebon Hotel & Convention Center

Anindya Vika Desinta(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Aston Cirebon Hotel & Convention Center merupakan salah satu hotel bintang empat di kota Cirebon, Jawa Barat yang mrutin melakukan kegiatan media relations. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu press confrence, press interview, press briefing, press release/news release, press luncheon, press tour, special event, media visit. Penelitian ini meneliti mengenai evaluasi aktivitas media relations yang dilakukan oleh Aston Cirebon Hotel & Convention Center. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan metode studi kasus.

Berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasi, ditemukan bahwa aktivitas media relations dianggap sebagai salah satu alat promosi untuk meningkatkan revenue.Dari hal tersebut, divisi Public Relations pun akhirnya tidak pernah memilah media utama yang mereka targetkan dalam menyebarkan publikasinya. Aktivitas media relations juga dilakukan sebagai baian dari rutinitas sehingga proses evaluasi yang dilakukan hanya menggunakan asumsi dan memori dari divisi Public Relations. Anggapan sebagai rutinitas tersebut akhirnya menimbulkan asumsi bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan selama ini berlangsung baik-baik saja. akhirnya, hingga saat ini divisi Public Relations tidak memiliki bentuk evaluasi secara sistematis. Hal ini penting adanya karena asumsi tidak bisa menjadi tolok ukur dalam menilai sebuah kebenaran atau fakta yang terjadi di lapangan, karena bisa saja terdapat evaluasi kecil yang berdampak besar bagi sebuah kegiatan.


Keywords


Public Relations, Evaluasi, Media Relations, Aston Cirebon Hotel & Convention Center

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. Soemirat, Soleh (2007). Dasar – Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Cutlip, Scott M., Center Allen H., And Broom Glen M. (2009). Effective Public Relations, 9, Jakarta: Prenada Media Grup.

Effendy, Onong U. (1993). Human Relations dan Public Relations. Bandung : Mandar Maju. Iriantara, Yosal. (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media

Jefkins, Frans. (2003). Public Relations, Edisi Kelima, Terjemahan Daniel Yadin. Jakarta: Erlangga,

Krisyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ralph, Tench dan Liz, Yeomans. (2006). Exploring Public Relations. England : Pearson Education

Limited

Seitel, Fraser P. (1992). The Practice of Public Relations. Colombus Ohio: Charles E. Merril

Publishing Company

Sihite, Richard. (2000). Tourism Industry (Kepariwisataan). Surabaya: Penerbit SIC Suhandang, Kustadi. (2004). Public Relations Perusahaan. Bandung: Nuansa

Yin, Robert K. (2008). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI