Personal Branding Malvava Make Up Artist dalam Akun Instagram @Malvava

Melina Yanti(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui personal branding Malvava Make Up Artist dalam akun Instagram @malvava. Malvava Make Up Artist adalah salah satu make up artist yang terkenal di Surabaya. Untuk bersaing di dalam dunia bisnis make up artist, Malvava perlu menampilkan diri secara unik dalam setiap melakukan promosi. Hal ini bertujuan agar Malvava dapat menonjol daripada kompetitor-kompetitornya. Proses membentuk persepsi masyarakat terhadap diri Malvava inilah yang disebut dengan personal branding. Untuk menampilkan dan mengkomunikasikan siapa dirinya, Malvava menggunakan media Instagram yang merupakan satu- satunya media promosi bisnis make upnya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Malvava telah membangun personal brandingnya dengan sangat baik dan jujur sesuai dengan value dan kepribadian dirinya sendiri. Malvava telah menerapkan 8 konsep pembentuk personal branding yaitu, spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, visibilitas, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Namun tidakdapatdipungkiribahwastylemakeupMalvavatetapadalahhalpertamayangakandijadikan rujukan klien dalam menentukan pilihan mereka. Namun ke pribadian dan attitude yang baik yang ditampilkan oleh Malvava di dalam Instagramnya pun secara tidak langsung juga akan dapat mempengaruhi persepsi para calon klien terhadapnya.


Keywords


Personal Branding, Make Up Artist, Malvava, Instagram

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan H. M. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan IlmuSocial.Jakarta:Kencana.

Haroen,Dewi.(2014).PersonalBranding:KunciKesuksesanBerkiprahdiDuniaPolitik.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kompas.com. (2019, December 01). Bikin Penasaran, Bagaimana Instagram Pilih Foto di Tab Explore? Retrieved June 02, 2020, from https://tekno.kompas.com/read/2019/12/01/17030087/bikin -penasaran-bagaimana-

insta gram-pilih-foto-di-tab-explore

Maulana, Amalia E. (2015). Personal Branding: Membangun Citra Diri yang Cemerlang. Ta ngerang: Etnomark Consulting.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rossa,Vania.(2019,November27).Penasaran,BagaimanaInstagramMemilihKontenuntukTab Explore? Retrieved June 02, 2020, from https://www.suara.com/tekno/2019/11/27/123245/penasaran-bagaimana-instagram-memilih- konten-untuk-tab-explore

Silalahi,U.(2009).MetodePenelitianSosial.Bandung:RefikaAditama.

Silalahi,U.(2010).MetodePenelitianSosial.Jakarta:RefikaAditama.

Soraya, Iin. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram. Jakarta: Jurnal Komunikasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI