Perilaku Masyarakat Surabaya Dalam Proses Pengambilan Keputusan Memilih Produk Innisfree

Kezia Yemima Susanto(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat Perilaku Masyarakat Surabaya dalam Proses Pengambilan Keputusan Memilih Produk Innisfree. Strategi komunikasi pemasaran dapat dibentuk setelah mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan. Perilaku konsumen sendiri merupakan kegiatan saat memilih, mengkonsumsi, dan mengeliminasi produk/jasa. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei, peneliti ingin melihat perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Proses pengambilan keputusan yang diteliti terdiri dari tahapan pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif dan keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukan masyarakat Surabaya kebanyakan memilih produk kecantikan berdasarkan dengan kondisi wajah dan kualitas produk yang ditawarkan, maka pesan yang disampaikan dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan tersebut. Sementara itu, media yang digunakan adalah media sosial.


Keywords


Perilaku Konsumen, Proses Pengambilan Keputusan Pembelian, Media Sosial, Pesan, Innisfree, Komunikasi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2002). Perilaku Kosumen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Armstrong, Gary, Kotler, Philip. (2007). Marketing : an introduction. 8th edition.

Pearson Education

James F. Engel, Rogert D. Blackwell, Paul W. Miniard (1992), “Consumer

Behavior”, Sixth Edition, The Dryden Press.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi kelima, Jakarta: PT Gelora Aksara

Pratama

Jefkins, Frank (1996). Periklanan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid Jakarta: Erlangga

Mowen, John C. (1987). Consumer Behavior, New york: Macmillan Publishing Company.

Olson, Jerry and Paul Peter. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (9th Ed). New York: McGraw Hill.

Philip Kotler dan Kevin L. Keller. (2006). Manajemen Pemasaran edisi ke 12 Jilid ke 1, New Jersey, Indeks

Purba, Amir dkk. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa Prss. Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya. Swastha, Basu, dan Irawan.

Setiyadi, N. (2015). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan,

Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group.

Schiffman, Leon. G and Kanuk, Leslie Lazar. 1994. Consumer Behavior. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.

Schiffman, Leon. G and Kanuk, Leslie Lazar. 2000. Consumer Behavior. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI