Star Studies Terhadap Image Danilla Riyadi
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui image seperti apa yang dikonstruksikan oleh Danilla Riyadi. Penelitian ini menggunakan metode star studies oleh Richard Dyer, dengan pendekatan kualitatif deskripstif. Image yang dikonstruksikan Danilla Riyadi adalah sosok perlawanan untuk mencapai kebebasan, dengan cara mendobrak batasan-batasan yang ada. Dengan image yang ditunjukkan secara visual, verbal, dan non-verbal, Danilla mengonstruksikan image sebagai feminisme postmodern dengan mematahkan stereotip perempuan identik dengan sifat yang lemah dan emosional. Feminisme postmodern beranggapan bahwa yang membuat seorang perempuan bermakna adalah dirinya sendiri, bukan karena orang lain (laki-laki) yang memaknainya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cangara, Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Handayani, dkk. (2012). Perempuan Berbicara Kretek. Jakarta: Indonesia Berdikari.
Jube. (2008). Musik Underground Indonesia: Revolusi Indie Label. Yogyakarta: Harmoni.
Krisnawati, A. (2014). Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Pada Iklan Rokok Pall Mall Light Up The Light Up The Night Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indoneisia. (Skripsi No. 070610421). Published doctoral dissertation. Universitas Airlangga, Surabaya.
Mantolas, S. (2016). Tato Dan Wanita. Retrieved September 21, 2016 from http://tirto.id/tato-dan- wanita-bLJc.
McDonald, P. (2000). The star system: Hollywood's production of pop culture. London: Wallflower Publishing Limited.
Murniati, N. A. (2004). Getar Gender. Magelang: Indonesia Tera.
Nugroho, R. (2008). Gender dan Strategi Pengarus-Utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Prasetyo, K. B. (2010). Membaca Diskursus Post-Feminisme Melalui Novel “Perempuan di Titik Nol”. KOMUNITAS: INTERNATIONAL JOURNAL OF INDONESIAN SOCIETY AND CULTURE, 2(2), 135-142. Retrieved April 17, 2020 from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas.
Stokes, J. (2007). How To Do Media & Cultural Studies. Paduan untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.
Storey, J. (2009). Cultural Studies and the Study of Popular Culture (5th ed.). US: University of Georgia Press.
Wood, J. T. (2009). Gendered Lives Communication, Gender and Culture (9th ed.). California: Wadsworth Publishing Company.
Yunita, A. (2011). Star Studies Terhadap Image Lady Gaga. (Skripsi No.20010668/KOM/2011). Published undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI