Studi Komparasi: Analisis Isi City Branding pada Akun Instagram @surabaya, @humasbdg, dan @semarangpemkot

Regina Bella Rosari(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran umum serta komparasi isi pesan city branding pada akun Instagram @surabaya, @humasbdg, dan @semarangpemkot. Ketiga kota ini sering kali memperoleh penghargaan dalam berbagai bidang, serta aktif menggunakan media komunikasinya. Instagram menjadi salah satu media komunikasi yang dimanfaatkan PR di tengah upaya tiap-tiap daerah mempromosikan kotanya kepada berbagai target audiensnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif, di mana analisis dilakukan melalui enam komponen city brand Simon Anholt pada tiap-tiap akun Instagam yang di teliti. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pesan city branding yang ditonjolkan serta interaksi yang dihasilkan pada setiap akun. Pesan yang sering dimunculkan @surabaya adalah the place, sedangkan pada @humasbdg dan @semarangpemkot adalah the people. Pesan ini ditampilkan melalui image, caption, dan hashtag. Likes tertinggi @surabaya ditemukan pada pesan the place, @humasbdg pada pesan the pulse dan the people, dan @semarangpemkot pada pesan the pulse. Diketahui pula, komentar positif tertinggi pada @surabaya dan @humasbdg dapat ditemukan pada konten the people. Sedangkan, pada @semarangpemkot tampak melalui konten the pulse.


Keywords


Marketing communications, city branding, Instagram

Full Text:

PDF

References


Amelia, S.A. (2019). Promosi city branding kota Surabaya melalui akun Instagram @surabaya. Jurnal VoxPop, 1(1), 24-30.

Anholt, S. (2007). Competitive identity: The new brand management for nations, cities, and regions. New York: Palgrave Macmillan.

Blythe, J. (2006). Essentials of marketing communication, 3rd ed. Harlow: Pearson Education Limited.

City branding di era media sosial. (2017, August 28). Retrieved February 10, 2020 from https://marketing.co.id/city-branding-di-era-media-sosial/

Chentya, W. (2019). Implementasi competitive identity Kota Surabaya (Analisis Isi pada Facebook „Bangga Surabaya‟). (Thesis). Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Dinnie, K. (2011). City branding: Theory and cases. London: Palgrave MacMillan.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu- ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Ermann, U. and Hermanik, K.J. (2018). Branding the nation, the place, the product. New York: Routledge.

Fill, C. and Turnbull, S. (2016). Marketing communications: Discovery, creation, and conversations, 7th ed. Harlow: Pearson.

Genjot pariwisata, Indonesia terapkan “city branding”. (2015, May 12). Retrieved February 27, 2020, from https://www.beritasatu.com/ekonomi/273198-genjot-pariwisata-indonesia-city- branding-html

Kavaratzis, M. (2004). From city marketing to city branding: Towards a theoretical framework for developing city brands.Place Brand Public Dipl,1,58-73.

Kavaratzis, M. (2008). From city marketing to city branding: An interdisciplinary analysis with reference to Amsterdam, Budapest, and Athens. (Published Thesis). University of Groningen, Netherland.

Kavaratzis, M., Warnaby, G., and Asworth, G.J. (2015). Rethinking place branding: Comprehensive brand development for cities and regions. Cham: Springer International Publishing.

Kotler, P. and Armstrong , G. (2006). Principles of marketing, 11th ed. New Jersey: Prentice Hall. Miles, J. (2019). Instagram power: Build your brand and reach more customers with visual

influence, 2nd ed. New York: McGraw-Hill Education.

Rachmatunnisa. (2020, February 19). Instagram lebih populer ketimbang Facebook. Retrieved February 27, 2020, from https://inet.detik.com/business/d-4905001/instagram-lebih-populer- ketimbang-Facebook

Ryan, D. (2015). Understanding social media: How to create a plan for your business that works. London: Kogan Page Limited.

Sarjono, R.P. (2017). Media sosial dan city branding: City branding Pekalongan Green City melalui media Instagram. (Thesis). Universitas Muhamaddiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI