Representasi Pluralisme dalam Film Ngenest
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Pluralisme adalah upaya untuk membangun kesadaran sosial. Penelitian ini menggambarkan bagaimana representasi pluralisme dalam film Ngenest.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah semiotika televisi John Fiske dengan 3 level yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Subjek yang dianalisis adalah film Ngenest, sementara objek yang dianalisis adalah representasi pluralisme dalam film tersebut. Hasil pembahasan dari level realitas, level representasi dan level ideologi dalam film Ngenest adalah pluralisme bukan hanya beragam atau majemuk melainkan adanya keterlibatan dengan keragaman tersebut, pluralisme lebih dari sekadar toleransi dengan usaha aktif memahami orang lain, pluralisme bukanlah relativisme melainkan pertautan komitmen dan pluralisme didasarkan pada dialog.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eriyanto. (2001). Analisis wacana: pengantar analisis teks. Yogyakarta : PT. LKiS Pelangi Aksara.
Fiske, John. (2004). Cultural and communication studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Bandung: Jalasutra.
Hall, S. (1997). Representation: Cultural representations and signifying practice. London: Sage Publications.
Julier, Alice P. 2013. Eating Together Food, Friendship, and Inequality. United States of America: University of Illinois Press
Ma’arif, Jamuin. 2004. Manual Advokasi: Resolusi Konflik-Antar Etnik dan Agama. Surakarta: Ciscore Indonesia.
Pluralism.org.(2012).What is pluralism. Retrieved Februari 27, 2012, from http://pluralism.org/pages/pluralism/what_is_pluralism
Saputro, Aprilianto Bayu. 2018. Perkawinan Campuran Antara Etnis Cina Dan Etnis Jawa. Retrieved May 31, 2020 from http://repository.unair.ac.id/75153/3/JURNAL_FisS.65%2018%20Sap%20p.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI