Sikap Umat Gereja Katolik Redemptor Mundi Terhadap Isi Facebook Redemptor Mundi
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Gereja Katolik Redemptor Mundi merupakan salah satu gereja Katolik yang ada di Surabaya. Gereja Katolik Redemptor Mundi memiliki salah satu media komunikasi untuk pihak internal yaitu media sosial Facebook. Pesan yang di berikan melalui media komunikasi Facebook akan di terima oleh umat Gereja Katolik Redemptor Mundi sebagai komunikan. Umat Gereja Katolik Redemptor Mundi dalam memberikan feedback memiliki sikap yang berbeda – beda terkait isi pesan yang diberikan Gereja melalui Facebook ini. Dengan adanya Facebook, gereja berharap umat dapat mengetahui (Kognitif), menyukai (Afektif), kemudian mau memberi tanggappan berupa tindakan nyata (Konatif) terkait isi Facebook yang terbagi dalam caption, foto dan respon. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap umat Gereja Katolik Redemptor Mundi mengenai isi Facebook Redemptor Mundi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan sample umat Gereja Katolik Redemptor Mundi. Hasil penelitian ini menunjukan sikap umat Gereja Katolik Redemptor Mundi mengenai isi Facebook Redemptor Mundi berada dalam nilai netral.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2000. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar Jogja Offset
Effendy. Onong U. 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy. Onong U. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Prakits Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group
Lattimore, Baskin, Heiman, Toth. 2009. Public Relations : The Profession and The Practice, Third Edition. Singapore: The Mcgraw-Hill Companies
Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Safko, L., Brake, D., David, K. 2009. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Business Success. New York: Wiley
Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama
Singarimbun, Masri, & Sofian Effendy. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
Siregar & Pasaribu. 2000. Bagaimana mengelola media korporasi-organisasi. Yogyakarta : Kanisius.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI