Strategi Impression Management Sandiaga pada Kampanye Pilpres 2019 melalui Akun Instagram @sandiuno
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Impression management adalah suatu proses dimana seorang individu menggunakan komunikasi secara sengaja untuk membentuk kesan yang diinginkan dari orang lain terhadap dirinya. Terlepas dari interaksi sosial keseharian individu, aktivitas impression management juga dilakukan oleh tokoh politik di Indonesia, salah satunya Sandiaga Salahuddin Uno, calon Wakil Presiden 2019 nomor urut dua. Sandiaga sebagai aktor politik yang menjalankan peran political Public Relations sangat penting untuk melakukan impression management, terutama menjelang masa kampanye Pilpres agar terbentuk hubungan baik dengan publik dan reputasi yang positif yang berdampak pada popularitas dan elektabilitas Sandiaga dalam meraih kemenangan di Pilpres 2019. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi impression management yang digunakan Sandiaga melalui akun Instagram @sandiuno selama masa kampanye Pilpres 2019 yaitu 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Peneliti melakukan koding terhadap caption-caption Sandiaga yang memiliki keterkaitan dengan empat pilar “Menyejahterakan Indonesia” yang merupakan cerminan dari visi, misi, dan program yang diajukan, sebanyak 755 caption. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif-deskriptif. Sementara itu, strategi impression management yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi impression management milik Jones & Pittman (1982) yang meliputi: ingratiation, intimidation, self- promotion, exemplification, dan supplication. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang paling sering ditunjukkan oleh Sandiaga adalah strategi exemplification yaitu ia ingin mendapatkan kesan sebagai calon Wakil Presiden 2019 yang berintegritas dan layak secara moral. Strategi ini secara dominan ditunjukkan melalui sub indikator menyatakan tindakan yang dilakukannya adalah untuk kepentingan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anazella, L. A. & Tamtomo, A. B. (2018, August 9). INFOGRAFIK: Profil Sandiaga Uno. Kompas.com. Retrieved February 10, 2019, from https://nasional.kompas.com/read/2018/08/09/23583031/infografik-profil-sandiaga-uno
Ardianto, E. (2010). Metodologi penelitian untuk public relations kualitatif dan kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bayu, D. J. (2018, August 22). Jokowi dan Sandi saling berebut suara milenial di Pilpres 2019. Katadata.co.id. Retrieved January 9, 2019, from https://katadata.co.id/berita/2018/08/22/jokowi-dan-sandi-saling-berebut-suara-milenial-di- pilpres-2019
Bayu, D. J. (2018, December 13). Kejar pemilih milenial, Prabowo-Sandi dominasi kampanye di instagram. Katadata.co.id. Retrieved January 9, 2019, from https://katadata.co.id/berita/2018/12/13/kejar-pemilih-milenial-prabowo-sandi-dominasi- kampanye-di-instagram
Bolino, M. C. & Turnley, W. H. (1999). Measuring impression management in Organizations: A scale development based on the Jones and Pittman Taxonomy. Organizational Research Method, 2(2), 187-206. Retrieved June 15, 2019, from https://pdfs.semanticscholar.org/e742/e591a22b1bf68b80d546ec0d6c5c6c7835bb.pdf
Dewa, F. P. (2017). Strategi impression management Ridwan Kamil melalui akun instagram @ridwankamil. Paper presented at Seminar Nasional Kajian Humas Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pdjadjaran, Jatinagor (pp. 155-161). Retrieved June 15, 2019, from http://prodihumas.fikom.unpad.ac.id/wp- content/uploads/2017/11/Proseding-Procen-2017-Unpad.pdfEksa, G. (2017, October 28). Generasi milenial penentu calon pemimpin. Media Indonesia. Retrieved June 15, 2019, from https://mediaindonesia.com/read/detail/129457-generasi- milenial-penentu-calon-pemimpin-bangsa
Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu- ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.
Farisa, F. C. (2018, December 13). Kampanye di medsos, Jokowi-Ma'ruf lebih manfaatkan facebook, Prabowo-Sandi instagram. Kompas.com. Retrieved January 9, 2019, from https://nasional.kompas.com/read/2018/12/13/07021911/kampanye-di-medsos-jokowi- maruf-lebih-manfaatkan-facebook-prabowo-sandi
Filimonov, K. et al. (2016). Picturing the party: Instagram and party campaigning in the 2014 Swedish elections. Social media & society, 1-11. Retrieved June 15, 2019, from http://cyberleninka.org/article/n/1436883.pdf
Goffman, E. (1959). The presentation of self in everyday life. United States: Anchor Books. Haryanto, A. T. (2018, March 12). 130 juta orang Indonesia tercatat aktif di medsos. Detikinet. Retrieved January 9, 2019, from https://inet.detik.com/cyberlife/d-3912429/130-juta-orang-
indonesia-tercatat-aktif-di-medsos
Hasibuan, L. (2018, March 11). Alasan milenial lebih suka gunakan snapchat dan instagram. Cnbc
Indonesia. Retrieved February 10, 2019, from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180311103732-33-6865/alasan-milenial-lebih- suka-gunakan-snapchat-dan-instagram
Jones, E. E. & Pittman, T. S. (1982). Toward a general theory of strategic self-presentation. In J. Suls (Ed.), Psychological perspectives on the self (Vol. 1, pp. 231-262). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. Retrieved June 15, 2019, from http://web.mit.edu/curhan/www/docs/Articles/15341_Readings/Rqd_rdngs_due_at_first_cl ass/Jones%20&%20Pittman%201982.pdf
Kriyantono, R. (2014). Teori public relations perspektif barat & lokal. Jakarta: Prenada Media Kencana.
Lee, S. J. et al. (1999). Development of a self-presentation tactics scale. Personality and individual differences, 26(4), 701-722. Retrieved June 15, 2019, from https://doi.org/10.1016/S0191- 8869(98)00178-0
L’Etang, J. (2008). Public relations concepts, practice and critique. UK: Sage Publications Ltd. Mailanto, A. (2016, January 14). Pengguna Instagram di Indonesia terbanyak, mencapai 89%. Oketechno. Retrieved February 10, 2019, from
https://techno.okezone.com/read/2016/01/14/207/1288332/pengguna-instagram-di-
indonesia-terbanyak-mencapai-89
Menjadi pemimpin egaliter. (2018, February 27). Beritasatu. Retrieved June 15, 2019, from
https://www.beritasatu.com/tajuk/5790-menjadi-pemimpin-egaliter.html
Murwani, E. (2018, December). The impression management strategy of the candidates of Governor-Vice Governor of DKI Jakarta on social media. Komunikasi ISKI, 3(2), 113-121. Retrieved June 15, 2019, from http://www.jurnal-
iski.or.id/index.php/jkiski/article/download/219/pdf
Nimmo, D. (2004). Komunikasi politik: Khalayak dan efek (Jalaluddin Rakhmat). Bandung:
Rosdakarya.
Pertiwi, W. K. (2019, February 4). Separuh penduduk Indonesia sudah “melek” media sosial.
Kompas.com. Retrieved February 10, 2019, from https://tekno.kompas.com/read/2019/02/04/19140037/separuh-penduduk-indonesia-sudah- melek-media-sosial
Rusfian, E. & Nurhajati, L. (2015). Political public relations dalam media sosial: Kajian teoretis dan implementasinya untuk kandidat politik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Siedharta, I. (2017, July). Strategi impression management Presiden Joko Widodo melalui komunikasi program prioritas dalam akun Youtube “Presiden Joko Widodo”. SCRIPTURA, 7(1), 17-26. Retrieved June 15, 2019, from scriptura.petra.ac.id/index.php/iko/article/download/20473/19343
Solikin, A., Fatchurahman, H. M., & Supardi. (2017, June). Pemimpin yang melayani dalam membangun bangsa yang mandiri. Anterior, 16(2), 90-103. Retrieved June 15, 2019, from https://media.neliti.com/media/publications/258565-pemimpin-yang-melayani-dalam- membangun-b-e1d3abc2.pdf
Strömbäck, J. & Kiousis, S. (2011). Political public relations. New York: Routledge.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI