Perancangan Kampanye Sosial Buku Sisa Kita
Keywords:
Perancangan Buku Cerita Bergambar, Interaktif, Pelestarian Lingkungan.Abstract
Buku tulis merupakan kebutuhan utama bagi siswa – siswi Sekolah Dasar. Faktanya tidak semua anak Sekolah Dasar mampu memilikinya, karena mahalnya biaya pendidikan. Perlu adanya sebuah solusi kreatif yang mengajak generasi muda untuk menyalurkan donasi melalui kreativitas. Remaja menjadi sasaran dari perancangan ini dimana usia remaja merupakan masa potensial untuk mengembangkan kreativitas serta mengenal hal baru yang menyenangkan bagi mereka. Bagi mereka sendiri, kegiatan sosial merupakan hal yang membosankan dan kurang memberikan tantangan. Kampanye ini bertujuan mengajak remaja usia 12-15 tahun untuk berbagi dengan kreativitas mereka dan cara yang menyenangkan kepada anak-anak sekolah dasar yang membutuhkan bantuan untuk membeli buku tulis. Perancangan Desain Komunikasi Visual berupa kampanye sosial “Buku Sisa Kita” mengajak remaja untuk mendaur ulang buku tulis bekas mereka menjadi buku tulis baru sehingga bentuk donasi ini memiliki pengalaman baru tentang cara berbagi yang menyenangkan dengan kreativitas serta sekaligus menerapkan prinsip Go Green yakni reuse dan recycle.
References
Bungin,Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana.
Masalah Sosial Indonesia. (2012) Carapedia. Diunduh 9 November 2012 dari http://carapedia.com/masalah_sosial_indonesia_info3019.html.
Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.
Mengasong buku tulis. (2012) Detiknews. Diunduh 9 November 2012 dari http://detiknews.com/mengasong_buku_tulis/
Indonesia Social Media Landscape, A Snapshot Of Indonesian User Behavior. (2011) Salingsilang.com. Diunduh 6 Maret 2012 dari http://www.slideshare.net/salingsilang/ indonesia-social-media-landscape-q1-2011-2nd-salingsilangcom-report
Eddy. (2013) Rumah Jebol, Seragam dan Buku Anak Terendam. Surat Kabar Jawa Pos. Selasa 15 Januari 2013.
Kartono, Kartini. (2007) .Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung : CV. Mandar Maju
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kasali,Rhenald. ( 2004). Manajemen Periklanan. Jakarta : Grafitti Press.
Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi Cinta. Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia.
Lwin, May and Aitchison, Jim. (2002). Clueless in Marketing Communication. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.
Muhadjir, N. (2002). Metodologi Penelitian Kualitati. Yogyakarta: Rahe Sarasin.
Osgerby,Bill. (2004). Youth Media. Canada: Routledge.
Rahman, arif. (2010).Creative Worker. Jakarta : Transmedia Pustaka.
Rangkuti,Freddy.(2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisa Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Richard Czerniawski & Mike Maloney(2012). 360 Degree Campaign. Diunduh 22 Februari 2013 dari http://www.bdn-intl.com/The360DegreeCampaign.php
Robbins, Stephen P. (2010) .Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta : PT Gramedia.
Setiawani, Mary Go. (2000). Menerobos Dunia Anak. Yayasan Kalam Hidup : Jakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R & D. Bandung : Alfabeta,
“The Fun Theory”. (2011).Volkswagen.com. dibajak
18 Desember 2012 dari http://thefuntheory.com/
Venus, Antar, M.A. (2010). Manajemen Kampanye.
Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book.
Wiryanto, DR. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Grasindo.