Perancangan Kampanye Sosial Buku Sisa Kita

Sherly Jessica(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku tulis merupakan kebutuhan utama bagi siswa – siswi Sekolah Dasar. Faktanya tidak semua anak Sekolah Dasar mampu memilikinya, karena mahalnya biaya pendidikan. Perlu adanya sebuah solusi kreatif yang mengajak generasi muda untuk menyalurkan donasi melalui kreativitas. Remaja menjadi sasaran dari perancangan ini dimana usia remaja merupakan masa potensial untuk mengembangkan kreativitas serta mengenal hal baru yang menyenangkan bagi mereka. Bagi mereka sendiri, kegiatan sosial merupakan hal yang membosankan dan kurang memberikan tantangan. Kampanye ini bertujuan mengajak remaja usia 12-15 tahun untuk berbagi dengan kreativitas mereka dan cara yang menyenangkan kepada anak-anak sekolah dasar yang membutuhkan bantuan untuk membeli buku tulis. Perancangan Desain Komunikasi Visual berupa kampanye sosial “Buku Sisa Kita” mengajak remaja untuk mendaur ulang buku tulis bekas mereka menjadi buku tulis baru sehingga bentuk donasi ini memiliki pengalaman baru tentang cara berbagi yang menyenangkan dengan kreativitas serta sekaligus menerapkan prinsip Go Green yakni reuse dan recycle.


Keywords


perancangan; kampanye sosial; buku sisa; remaja

Full Text:

PDF

References


Bungin,Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Masalah Sosial Indonesia. (2012) Carapedia. Diunduh 9 November 2012 dari http://carapedia.com/masalah_sosial_indonesia_info3019.html.

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.

Mengasong buku tulis. (2012) Detiknews. Diunduh 9 November 2012 dari http://detiknews.com/mengasong_buku_tulis/

Indonesia Social Media Landscape, A Snapshot Of Indonesian User Behavior. (2011) Salingsilang.com. Diunduh 6 Maret 2012 dari http://www.slideshare.net/salingsilang/ indonesia-social-media-landscape-q1-2011-2nd-salingsilangcom-report

Eddy. (2013) Rumah Jebol, Seragam dan Buku Anak Terendam. Surat Kabar Jawa Pos. Selasa 15 Januari 2013.

Kartono, Kartini. (2007) .Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung : CV. Mandar Maju

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasali,Rhenald. ( 2004). Manajemen Periklanan. Jakarta : Grafitti Press.

Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi Cinta. Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia.

Lwin, May and Aitchison, Jim. (2002). Clueless in Marketing Communication. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.

Muhadjir, N. (2002). Metodologi Penelitian Kualitati. Yogyakarta: Rahe Sarasin.

Osgerby,Bill. (2004). Youth Media. Canada: Routledge.

Rahman, arif. (2010).Creative Worker. Jakarta : Transmedia Pustaka.

Rangkuti,Freddy.(2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisa Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Richard Czerniawski & Mike Maloney(2012). 360 Degree Campaign. Diunduh 22 Februari 2013 dari http://www.bdn-intl.com/The360DegreeCampaign.php

Robbins, Stephen P. (2010) .Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta : PT Gramedia.

Setiawani, Mary Go. (2000). Menerobos Dunia Anak. Yayasan Kalam Hidup : Jakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif

dan R & D. Bandung : Alfabeta,

“The Fun Theory”. (2011).Volkswagen.com. dibajak

Desember 2012 dari http://thefuntheory.com/

Venus, Antar, M.A. (2010). Manajemen Kampanye.

Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book.

Wiryanto, DR. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.