Perancangan Branding Kopi Toraja Rezeki
Keywords:
Fasilitas Rekreasi, Kuliner, Susu Sapi Perah, Sapi Perah.Abstract
Kopi Toraja Rezeki yang terletak di Jalan Emmy Saelan, Toraja berdiri sejak 1983 menawarkan kualitas produk yang premium dan otentik. Namun Kopi Rezeki ini terkendala dalam branding karena kelebihannya belum dapat tersampaikan melalui media yang digunakan sehingga belum dapat menampilkan perbedaan dengan kompetitor. Untuk itu tujuan dari perancangan ini adalah merancang branding yang tepat dan menampilkan kelebihan produk. Metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT. Dari hasil analisa ditemukan konsep branding premium dan tradisional. Perancangan branding ini kemudian diaplikasikan pada tagline, tone and manner serta visual grafis yang tepat dan sesuai dengan target audience. Dibuat pula media-media pendukung untuk meningkatkan brand awereness target audience terhadap Kopi Rezeki ini. Media-media yang digunakan yaitu kemasan, POP display, banner, X-banner, sosial media, merchandise, serta stationary. Dengan branding yang tepat diharapkan produsen dapat lebih memperluas pasar ke Kota Makassar.
References
Aljawiyu, Adams. (2016, 25 Februari). Kopi Toraja, Kopi Nikmat yang Berasal dari Tanah Sulawesi. Diakses 1 Oktober 2018, dari http://lembahilmu.com/kopi-toraja/
Banks, M., McFadden, C. & Atkinson, C. (2011) The Complete Book of Coffee. Leicestershire: Southwater
Cita Rasa Khas Kopi dari Negeri di Atas Pegunungan, Tana Toraja. (2017, 4 Mei). Diakses 1 Oktober 2018, dari https://tanameracoffee.com/ID/cita-rasa-khas-kopi-dari-negeri-di-atas-pegunungan-tana-toraja/
Kopi Arabika dan Kopi Robusta, Apa Bedanya?. (2017, 16 Juni). Diakses 1 Maret 2019, dari https://tanameracoffee.com/ID/kopi-arabika-dan-kopi-robusta-apa-bedanya/
Maulana, Amalia E. (2010, 27 April). Brand, Branding, dan Peranannya Bagi Perusahaan. Diakses 29 Januari 2019, dari http://amaliamaulana.com/blog/brand-branding-dan-peranannya-bagi-perusahaan/
Najiyati, Sri. & Danarti. (2006). Kopi: Budi Daya dan Penanganan Pasca Panen. Jakarta: Penebar Swadaya
Permana, Irvan. (2012). Brand is Like A Donut. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo, Edisi 13. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer
Pengetahuan Dasar Tentang Branding. (2015, 1 September). Diakses 26 Januari 2019, dari https://www.becakmabur.com/pengetahuan-dasar-tentang-branding/
Pentingnya Branding dalam Pemasaran. (2012, 26 Juli). Diakses 27 Desember 2018, dari https://www.becakmabur.com/pentingnya-branding-dalam-pemasaran/