Perancangan Branding Kopi Toraja Rezeki

Authors

  • Ivana Hardiyanti Wijaya UK Petra
  • Listia Natadjaja UK Petra
  • Rika Febriani UK Petra

Keywords:

Fasilitas Rekreasi, Kuliner, Susu Sapi Perah, Sapi Perah.

Abstract

Kopi Toraja Rezeki yang terletak di Jalan Emmy Saelan, Toraja berdiri sejak 1983 menawarkan kualitas produk yang premium dan otentik. Namun Kopi Rezeki ini terkendala dalam branding karena kelebihannya belum dapat tersampaikan melalui media yang digunakan sehingga belum dapat menampilkan perbedaan dengan kompetitor. Untuk itu tujuan dari perancangan ini adalah merancang branding yang tepat dan menampilkan kelebihan produk. Metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT. Dari hasil analisa ditemukan konsep branding premium dan tradisional. Perancangan branding ini kemudian diaplikasikan pada tagline, tone and manner serta visual grafis yang tepat dan sesuai dengan target audience. Dibuat pula media-media pendukung untuk meningkatkan brand awereness target audience terhadap Kopi Rezeki ini. Media-media yang digunakan yaitu kemasan, POP display, banner, X-banner, sosial media, merchandise, serta stationary. Dengan branding yang tepat diharapkan produsen dapat lebih memperluas pasar ke Kota Makassar.

Author Biographies

Ivana Hardiyanti Wijaya, UK Petra

DKV UK Petra

Listia Natadjaja, UK Petra

DKV UK Petra

Rika Febriani, UK Petra

DKV UK Petra

References

Aljawiyu, Adams. (2016, 25 Februari). Kopi Toraja, Kopi Nikmat yang Berasal dari Tanah Sulawesi. Diakses 1 Oktober 2018, dari http://lembahilmu.com/kopi-toraja/

Banks, M., McFadden, C. & Atkinson, C. (2011) The Complete Book of Coffee. Leicestershire: Southwater

Cita Rasa Khas Kopi dari Negeri di Atas Pegunungan, Tana Toraja. (2017, 4 Mei). Diakses 1 Oktober 2018, dari https://tanameracoffee.com/ID/cita-rasa-khas-kopi-dari-negeri-di-atas-pegunungan-tana-toraja/

Kopi Arabika dan Kopi Robusta, Apa Bedanya?. (2017, 16 Juni). Diakses 1 Maret 2019, dari https://tanameracoffee.com/ID/kopi-arabika-dan-kopi-robusta-apa-bedanya/

Maulana, Amalia E. (2010, 27 April). Brand, Branding, dan Peranannya Bagi Perusahaan. Diakses 29 Januari 2019, dari http://amaliamaulana.com/blog/brand-branding-dan-peranannya-bagi-perusahaan/

Najiyati, Sri. & Danarti. (2006). Kopi: Budi Daya dan Penanganan Pasca Panen. Jakarta: Penebar Swadaya

Permana, Irvan. (2012). Brand is Like A Donut. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo, Edisi 13. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer

Pengetahuan Dasar Tentang Branding. (2015, 1 September). Diakses 26 Januari 2019, dari https://www.becakmabur.com/pengetahuan-dasar-tentang-branding/

Pentingnya Branding dalam Pemasaran. (2012, 26 Juli). Diakses 27 Desember 2018, dari https://www.becakmabur.com/pentingnya-branding-dalam-pemasaran/

Downloads

Published

2019-07-12

Issue

Section

Articles