PERANCANGAN MOBILE GAME ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BERKENDARA DAN LALU LINTAS

Authors

  • Jose Katriel UK PETRA
  • Cok Gde Raka Swendra UK PETRA
  • Hen Dian Yudani UK PETRA

Abstract

Tingginya tingkat kecelakaan terutama di kota Surabaya menjadi permasalahan utama. Dan kecelakaan ini sendiri didominasi oleh kalangan remaja berusia 15 - 22 tahun, maka dari itu perlu sebuah media yang mengajarkan serta memperingatkan mereka ketika berkendara dijalan raya. Traffic rules merupakan game android yang bertujuan untuk mengedukasi mengenai pembelajaran berkendara dan lalu lintas yang benar. Dengan metode belajar sambil bermain, anak – anak dan remaja sekaligus dapat belajar secara alam bawah sadar mereka, sehingga diharapkan dengan adanya game android Traffic rules ini masyarakat terutama dikalangan remaja menjadi lebih tertib dan paham dalam pengaplikasikannya di dunia nyata ketika mereka berkendara.

Author Biographies

Jose Katriel, UK PETRA

DKV UK PETRA

Cok Gde Raka Swendra, UK PETRA

DKV UK PETRA

Hen Dian Yudani, UK PETRA

DKV UK PETRA

References

Definition - What does Mobile games mean. . (2018). Retrieved from Technopedia.: https://www.techopedia.com/definition/24261/mobile-games

Apperley, T. H. (2006). Genre and game studies: Toward a criticalapproach to video game genres. Simulation and Gaming. Retrieved from https://www.academia.edu/385966/Genre_and_Game_Studies_Toward_a_Critical_Approach_to_Video_Game_Genres

dblindonesia. (2017, Maret 15). Ajarkan Safety Riding, Game Simulasi Ini Bikin Nagih. Retrieved from dblindonesia.com: http://www.dblindonesia.com/v2/news/ajarkan-safety-riding-game-simulasi-ini-bikin-nagih#

Dumb Ways to Die. (n.d.). Retrieved from McCANN : https://mccann.com.au/project/dumb-ways-to-die/

Hurlock, E. B. (n.d.). MANFAAT BERMAIN DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGIS. Retrieved from Academia: https://www.academia.edu/12408439/MANFAAT_BERMAIN_DARI_PERSPEKTIF_PSIKOLOGIS

katadata. (2017, Oktober 09). 73% Perangkat Mobile Global Menggunakan Android. Retrieved from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/10/09/73-perangkat-mobile-global-menggunakan-android

Long, D. R. (2016, November 30). Dumb Ways To Die and A Strange Sense of Success. Retrieved from Safety Risk: https://safetyrisk.net/dumb-ways-to-die-and-a-strange-sense-of-success/

Materi Pendidikan Lalu Lintas – Rambu-Rambu Lalu Lintas. (2013). Retrieved from Salam Edukasi: https://www.salamedukasi.com/2014/09/materi-pendidikan-lalu-lintas-rambu.html

Maulidiya, P. (2018, Oktober 7). Dishub Surabaya Luncurkan Program City Tour, Ajak Siswa SD/SMP Kenali Rambu Lalin, ini Tujuannya. Retrieved from Surya: http://surabaya.tribunnews.com/2018/10/07/dishub-surabaya-luncurkan-program-city-tour-ajak-siswa-sdsmp-kenali-rambu-lalin-ini-tujuannya

MÄYRÄ, F. (2015). Mobile games. Retrieved from https://people.uta.fi/~tlilma/Mobile_Games.pdf

Miarso. (2004). Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Retrieved from zonareferensi: https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung persada press.

Parmin. (2018, Maret 26). Pelajar dan Mahasiswa Terbanyak Pelaku Pelanggaran Lalu Lintas di Surabaya, ini Buktinya. Retrieved from Surya Online: http://surabaya.tribunnews.com/2018/03/26/pelajar-dan-mahasiswa-terbanyak-pelaku-pelanggaran-lalu-lintas-di-surabaya-ini-buktinya

Surabaya, S. (2017). hondasafety. Retrieved from Suara Surabaya: http://www.suarasurabaya.net/adv/hondasafety/

Technopedia. (n.d.). Arcade Game. Retrieved from https://www.techopedia.com/definition/1903/arcade-game

UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (2016, maret 14). Retrieved from dpr.go.id: www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_22.pdf

Downloads

Published

2019-06-11

Issue

Section

Articles