Perancangan Visual Branding Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri

Ornella Ayu Prabowo(1*), Aristarchus Pranayama Kuntjara(2), Ryan Pratama Sutanto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Jambu berpotensi sebagai desa wisata karena kini telah memiliki banyak obyek wisata. Namun, Desa Wisata Jambu belum memiliki identitas yang jelas, serta masih banyak pengunjung belum mengetahui bahwa Desa Wisata Jambu memiliki banyak obyek wisata. Selain itu, letaknya yang jauh dari pusat kota membuat Desa Wisata Jambu belum dikenali masyarakat luas. Pengunjung hanya berasal dari daerah yang dekat lokasi. Perancangan visual branding ini disusun untuk menciptakan identitas baru yang konsisten bagi Desa Wisata Jambu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara langsung terhadap target. Selain itu, perancangan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung dan mereka dapat mengetahui setiap obyek wisata yang ada di Desa Wisata Jambu. Konsep yang dipakai dalam perancangan ini adalah dengan menggunakan peran maskot sebagai pemandu di setiap media yang digunakan. Maskot dipakai dengan harapan pesan yang ingin disampaikan lebih mudah dimengerti oleh target audiens.

Full Text:

PDF

References


Kartajaya, H. (2004). Hermawan Kartajaya on Brand.

Bandung: Mizan Pustaka.

Kartajaya, H. (2006). Hermawan Kartajaya on

Positioning. Bandung: Mizan Pustaka.

Kartajaya, H. (2006). Hermawan Kartajaya on

Segmentation. Bandung: Mizan Pustaka.

Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on

Targeting. Bandung: Mizan Pustaka.

Kartikaningrum, N. I. (2015) Pentingnya Branding

untuk Majukan Pariwisata Indonesia. Retrieved

March 15, 2019 from

https://traveling.bisnis.com/read/20151002/224/47837

/pentingnya-branding-untuk-majukan-pariwisataindonesia

Purwaningsih, E. (2005). Perkembangan Hukum

Intellectual Property Rights. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saveasbrand. (2016) Definisi Merek dan Strategi

Visual Branding. Retreived March 15, 2019 from

https://saveasbrand.com/definisi-merek-dan-strategivisual-branding/

Setiawan, P. (2018) Pengertian Dan Strategi Analisis

SWOT Menurut Para Ahli. Retreived February 1, 2019

from https://www.gurupendidikan.co.id/pengertiandan-strategi-analisis-swot-menurut-para-ahli/

Zakky. (2018) Pengertian Observasi Menurut Para

Ahli dan Secara Umum. Retreived February 3, 2019

from https://www.zonareferensi.com/pengertianobservasi/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.