Perancangan Rebranding Rumah Wadai

Monica Christie Oslan(1*), Bing Bedjo Tanudjaja(2), Daniel Kurniawan(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah Wadai adalah usaha kue online di Surabaya yang menjual berbagai macam kue, diantaranya terdapat kue khas Pontianak, Kalimantan Barat. Permasalahannya adalah banyak masyarakat Surabaya yang belum mengenali brand Rumah Wadai ini. Maka dari itu, perancangan rebranding terhadap Rumah Wadai dilakukan untuk dapat menimbulkan brand awareness sebagai kue yang menggunakan resep kuno dan homemade. Perancangan ini menggunakan metode analisis SWOT, yang mencakup pembentukan identitas usaha melalui logo, desain kemasan, media promosi, dan strategi kreatif untuk Instagram.


Keywords


Rebranding, Rumah Wadai, Kue Khas Pontianak, Resep Kuno

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1996). Manajemen Equitas Merek. Jakarta: Spectrum Mitra.

Arens. (1996). Contemporary Advertising. United States of America: Irwin.

Duncan, T. (2008). Integrated Marketing Communications European edition. New York: Mc Grawhill, Inc.

Gelder, S. V. (2005). Global Brand Strategy. London: Kogan Page.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Melenium Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Lomax, W., & Mador, M. (2006). Corporate Rebranding: from Normative Models to Knowledge Management. Journal of Brand Management, vol. 16, no. 4, pp. 236-246.

Putong, I. (2003). Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI). Jurnal Ekonomi & Bisnis, No. 2, Jilid 8, 65-71.

Safitri, D. I. (2017). Strategi Rebranding Zora Radio. Jurnal Profesi Humas, Vol. 2, No. 1, 1-12.

Schultz, D. C., & Barnes, B. E. (1999). Strategic Brand Communication Campaigns. USA: NTC Business Books.

Wheeler, A. (2006). Designing Brand Identity: A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Yasmin, P. A. (2018, Juli 17). Jadi Penggerak Ekonomi, Begini Kondisi UMKM RI. Retrieved from detikFinance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4119386/jadi-penggerak-ekonomi-begini-kondisi-umkm-ri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.