Perancangan Visual Branding Sebagai Pendukung Promosi Produk Batik Ikat Celup UMKM Siwalankerto di Surabaya

Cornelli Kwanda(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(3) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Batik ikat celup merupakan salah satu teknik tradisional yang masih jarang orang ketahui. Batik ikat celup memiliki potensi karena berbeda dengan batik pada umumnya dari segi warna dan motif. Ibu Lilik Solikati merupakan pemilik UMKM ULS Collection dan seorang perajin batik ikat celup sejak tahun 2015 yang berbasis di Surabaya. Namun, hingga saat ini produk batik ikat celup tersebut belum memiliki merek maupun identitas sendiri. Sebuah produk yang memiliki merek dapat mencapai potensi yang optimal dengan memiliki identitas yang baik. Untuk itu, dengan merancang visual branding dapat menjadi langkah awal untuk membentuk identitas yang sesuai sekaligus berguna sebagai pendukung promosi produk batik ikat celup agar lebih dikenal oleh masyarakat.


Keywords


Visual Branding; Promosi; Batik Ikat Celup; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Full Text:

PDF

References


Cummins, J. (1991). Promosi penjualan: Bagaimana menciptakan dan menerapkan program yang benar-benar berhasil. (Heryanto G., Trans.). Jakarta: Binarupa Aksara

deBara, D. (n.d.). What is brand identity? And how to design and develop a great one. Retrieved March 5, 2019, from https://99designs.com/blog/tips/brand-identity/

Effendi, Z. (2018, August 7). Batik Celup akan Jadi Ikon Produk Surabaya di Galeri UKM Liverpool. detikNews. Retrieved October 14, 2018, from https://news.detik.com

Hakim, Z. (2012, August 20). Mengenal istilah warna. Retrieved March 5, 2019, from http://www.zainalhakim.web.id/posting/mengenal-istilah-warna.html

Murphy, J. & Rowe, M. (1998). How to design trademarks and logos. Ohio: North Light Books.

Neumeier, M. (2006). The brand gap. United States of America: Aiga.

Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, D. (1991). Unsur-unsur inti pemasaran dan manajemen pemasaran. Bandung: Mandar Maju.

Schultz, D. E. & Schultz, H. F. (2004). Brand babble: sense and nonsense about branding. South Western: Thomson.

Soehadi, A. W. (2005). Effective branding. Bandung: Penerbit Quantum Bisnis & Manajemen.

Sularko, H., Prawata, V. N. & Widranata, M. (2008). How do they think: rekaman proses pembuatan aset perusahaan paling berharga. Jakarta: Mosher Publishing

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus brand a-z. Jakarta: Red & White Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.