PERANCANGAN KEMASAN PERMAINAN TRADISIONAL BRAND DO-DOLAN-KU SERTA MEDIA PENDUKUNG NYA UNTUK ANAK-ANAK USIA 6-12 TAHUN
(1) DKV UK Petra
(2) DKV UK Petra
(3) DKV UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Permainan tradisional merupakan salah satu permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dahulu serta berperan sebagai warisan kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan. Namun, dengan adanya permainan moderen yang beredar di jaman ini membuat permainan tradisonal sudah tidak lagi diingat bahkan tidak dikenal oleh anak- anak. Diharapkan dengan adanya permainan tradisional yang dikemas dengan kemasan yang modern, dapat membuat para orang tua tertarik untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anaknya. Selain itu untuk dapat melestarikan kebudayaan Indonesia lewat pemainan tradisional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Danandjaja, James. 1987. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain lain. Cetakan V. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.
Fandy Tjiptono, Strategi Pamasaran Edisi Ketiga Cetakan Pertama . (Yogyakarta: Andi Offset, 2001), 219.
Indriyo Gitosudarmo, Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Keenam. (Yogyakarta: BPFE, 2000), 237.
Julianti, Sri. (2014). The Art Of Packaging, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Aris K, (2019). Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Fungsi Dan Tujuannya. April, 2019, from https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-ilustrasi-menurut-para-ahli-serta-sejarah/
Angga, Jun, Ajir, Ian, (2010). Logo dan Brand : Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya, Oktober, 2010, from http://www.desainstudio.com/2010/10/logo-dan-brand-pengertian-fungsi-dan.html
Adhi W, (2016). Arti Warna dan Filosofinya dalam Desain Kemasan. Agustus, 2016, from http://www.ceritadesain.com/2016/08/arti-warna-dan-filosofinya-dalam-desain.html
Gasing Indonesia, (2009). Apa dan Bagaimana Gasing Nusantara ?, Februari, 2009 , from https://gasingindonesia.wordpress.com.
Angeline F, (2018) Permainan Kelereng (gundu), Juni, 2018, from https://permainan-bocah.blogspot.com/2017/03/permainan-kelereng-gundu.html
Mainan Tradisional Indonesia , (2013), Permainan Congklak / Dakon, Agustus, 2013, from https://mainantradisionalindonesia.wordpress.com/2013/08/23/permainan-congklak-dakon/
Ambar, (2017) Teori Postmodern – Pengertian – Kritik, Oktober, 2017, from https://pakarkomunikasi.com/teori-postmodern
Angga, Jun, Ajir, Ian, (2010). Pengertian Serif dan Sans Serif, April, 2010, from http://www.desainstudio.com/2010/10/logo-dan-brand-pengertian-fungsi-dan.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.