PERANCANGAN KEMASAN PERMAINAN TRADISIONAL BRAND DO-DOLAN-KU SERTA MEDIA PENDUKUNG NYA UNTUK ANAK-ANAK USIA 6-12 TAHUN

Levina Octaviani(1*), Bing Bedjo Tanudjaja(2), Daniel Kurniawan(3),


(1) DKV UK Petra
(2) DKV UK Petra
(3) DKV UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Permainan tradisional merupakan salah satu permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dahulu serta berperan sebagai warisan kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan. Namun, dengan adanya permainan moderen yang beredar di jaman ini membuat permainan tradisonal sudah tidak lagi diingat bahkan tidak dikenal oleh anak- anak. Diharapkan dengan adanya permainan tradisional yang dikemas dengan kemasan yang modern, dapat membuat para orang tua tertarik untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anaknya. Selain itu untuk dapat melestarikan kebudayaan Indonesia lewat pemainan tradisional. 


Keywords


Permainan tradisional, kemasan, promosi, kebudayaan, Indonesia

Full Text:

PDF

References


Danandjaja, James. 1987. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain lain. Cetakan V. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Fandy Tjiptono, Strategi Pamasaran Edisi Ketiga Cetakan Pertama . (Yogyakarta: Andi Offset, 2001), 219.

Indriyo Gitosudarmo, Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Keenam. (Yogyakarta: BPFE, 2000), 237.

Julianti, Sri. (2014). The Art Of Packaging, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Aris K, (2019). Pengertian Ilustrasi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Fungsi Dan Tujuannya. April, 2019, from https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-ilustrasi-menurut-para-ahli-serta-sejarah/

Angga, Jun, Ajir, Ian, (2010). Logo dan Brand : Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya, Oktober, 2010, from http://www.desainstudio.com/2010/10/logo-dan-brand-pengertian-fungsi-dan.html

Adhi W, (2016). Arti Warna dan Filosofinya dalam Desain Kemasan. Agustus, 2016, from http://www.ceritadesain.com/2016/08/arti-warna-dan-filosofinya-dalam-desain.html

Gasing Indonesia, (2009). Apa dan Bagaimana Gasing Nusantara ?, Februari, 2009 , from https://gasingindonesia.wordpress.com.

Angeline F, (2018) Permainan Kelereng (gundu), Juni, 2018, from https://permainan-bocah.blogspot.com/2017/03/permainan-kelereng-gundu.html

Mainan Tradisional Indonesia , (2013), Permainan Congklak / Dakon, Agustus, 2013, from https://mainantradisionalindonesia.wordpress.com/2013/08/23/permainan-congklak-dakon/

Ambar, (2017) Teori Postmodern – Pengertian – Kritik, Oktober, 2017, from https://pakarkomunikasi.com/teori-postmodern

Angga, Jun, Ajir, Ian, (2010). Pengertian Serif dan Sans Serif, April, 2010, from http://www.desainstudio.com/2010/10/logo-dan-brand-pengertian-fungsi-dan.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.