Perancangan Branding Aksesoris "Tanda"

Karen Suherman(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(3) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dunia industri, khususnya industri kerajinan, di Indonesia saat ini telah berkembang pesat. Hal tersebut karena kerajinan mampu menghasilkan nilai tambah yang tinggi, berdaya saing global, dan menyerap banyak tenaga kerja. Tanda merupakan sebuah merek yang menjual produk aksesoris lokal dengan menggunakan barang bekas. Namun, Tanda masih tidak memiliki identitas yang dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan. Oleh sebab itu, dibutuhkannya sebuah perancangan identitas bagi Tanda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan peristiwa, permasalahan, perilaku secara rinci dan mendalam  serta analisis SWOT untuk mencakup upaya-upaya untuk mengenali kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan. Perancangan brandinguntuk merek Tanda tersebut dapat memecahkan permasalahan merek yang pada awalnya tidak memiliki identitas dan tidak memiliki media untuk memiliki brand awarenessbagi para konsumen.                                                           


Keywords


Brand Identity; Aksesoris; Branding; Tanda

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. (1996). Building strong brands. New York: Free Press.

Aaker, D. A. & Joachhimstahler, E. (2000). Brand leadership. New York: The Free Press.

Arifah, A.R. (2003). Teori busana. Bandung : Yapemdo.

Gelder, S. V. (2005). Global brand strategy: Unlocking branding potential across countries, cultures & markets. London: Kogan Page Limited.

Kemenperin tetapkan industri kerajinan jadi sektor prioritas. (2018, March 12). Retrieved December 7, 2018, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180312091228-92-282215/kemenperin-tetapkan-industri-kerajinan-jadi-sektor-prioritas.

Kotler, P & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Vol. 01 (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Lesmana, E. (n.d). Pengertian kerajinan. Scribd. Retrieved March 29, 2019, from https://www.scribd.com/doc/315484570/pengertian-kerajinan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.