Pengaruh Perubahan Logo PT. Dua Kelinci Terhadap Persepsi Target Audience Di Surabaya

Yessica Widyatama Oei(1*), Wibowo Wibowo(2), Hendro Aryanto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Logo merupakan lambang yang mewakili citra sebuah perusahaan, memasuki era globalisasi saat ini cukup banyak perusahaan yang melakukan perubahan logo, salah satunya adalah PT. Dua Kelinci yang merupakan perusahaan industri makanan dan minuman serta dikenal sebagai produsen kacang terkemuka di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan logo PT. Dua Kelinci terhadap persepsi target audience di Surabaya mengenai profesionalisme perusahaan  dan estetika logo perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan logo telah tepat dilakukan oleh perusahaan, dimana logo lama dimodifikasi menjadi logo baru, dapat diterima dan dipersepsikan secara positif oleh target audience. Logo baru memenuhi semua kriteria logo yang baik berdasarkan teori David E. Carter dan profesionalisme perusahaan yang semakin meningkat tercermin dalam usaha perusahaan mempertahankan konsistensi logo barunya pada berbagai media.


Keywords


Logo, perubahan logo, estetika logo, konsistensi, persepsi.

Full Text:

PDF

References


Adams, Sean. (2008). Masters Of Design Logos & Identity. U.S.A: Rockport Publisher,Inc.

Bungin, Burhan. (2003) Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Carter, David E. (2001). Blue is Hot Red is Cool. New York: HBI.

Carter, David E. (1982). Designing Corporate Indetity Programs for Small Corporation. New York: Art Direction Book Co.

Carter, David E. (1982). How to Improve Your Corporate Identity. New York: Art Direction Book Co.

Cenadi, Christine Suharto. (1991). Corporate Identity, Sejarah dan Aplikasinya. Nirmana, 1(2), 71-78. Diunduh 3 Maret 2013 dari http://puslit2.petra.ac.id/ ejournal/index.php/dkv/article/view/16043/16035

Dameria, Anne. (2007). Color Basic Panduan Dasar Warna Untuk Desainer & Industri Grafika. Jakarta: Link Match Graphic.

“Facebook Dua Kelinci”. facebook.com. Diunduh

Juni 2013 dari http://www.facebook.com/

DuaKelinciID

Hariyanto. (2011). Perkembangan Psikologis Remaja. belajarpsikologi.com. Diunduh 22 April 2013 dari http://belajarpsikologi.com/perkembangan-psikologis-remaja/

Hochberg, Julian E. (1978). Perception. Ed. Richard S. Lazarus. New Jersey: Prentice-Hall, Inc, Englewood Cliffs.

Hoffman, George T, et.al. (2007). Pride-Ferrell Foundations of Marketing. U.S.A: Houghton Mifflin Company.

Iswanto, Immanuel Henry. (2002). Pengaruh Perubahan Nama dan Logo Resaturant Arbys Terhadap Persepsi Customer. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, Surabaya. Diunduh 9 Maret 2013 dari http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_7543.html

“Logo Baru PT. Dua Kelinci”. dk-peanuts.com. Diunduh 16 Februari 2013 dari http://www.dk-peanuts.com/en/about-us/a-tale-of-two-rabbits.html

“Logo Bumiputera”. bumiputera.com. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://www.bumiputera.com/

“Logo Gandum Mas Kencana”. gandummas.com. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://www.gandummas.co.id/

“Logo Lama PT. Dua Kelinci”. dk-peanuts.com. Diunduh 16 Februari 2013 dari http://www.dk-peanuts.com/ina/index.html

“Logo Perum Perhutani”. perumperhutani.com. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://perumperhutani.com/

“Logo PGN”. PGN. pgn.com. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://www.pgn.co.id/

“Logo PT. Maspion”. maspion.com. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://www.maspion.com/index.php

“Logo PT. Siantar Top”. siantartop.co.id. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://siantartop.co.id/ina/index.php

“Logo PT. WanaArtha Life”. wanaarthalife.com. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://www.wanaarthalife.com/

“Logo Tanobel”. tanobel.com. Diunduh 14 Maret 2013 dari http://www.tanobel.com/eng/index.php

Male, Allan. (2007). Illustration A Theorical & Contextual Perspective. Switzerland: AVA Publishing SA.

Martadi. (2002). Reposisi citra melalui logo: Studi kasus perubahan logo PT Pos Indonesia. Nirmana, 4(1). 62-72. Diunduh 9 Maret 2013 dari http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16080/16072didit

McGaugh, James L., Richard F. T.,& Thomas O. N. (1977). Psychologi I An Experimental Approach. USA: Albion Publishing Company.

“Paud Ngudi Ilmu & TK Pertiwi Mojowetan Blora”. dk-peanuts.com. Diunduh 21 April 2013 dari http://www.dk-peanuts.com/in/aboutus/news/paud-ngudi-ilmu-tk-pertiwi-mojowetan-blora.html

“Perkembangan Dewasa Awal”. (2010). psychologymania.com. Diunduh 22 April 2013 dari http://www.psychologymania.com/2010/01/psikologi-perkembangan-dewasa-awal.html

PT. Dua Kelinci. “Company Profile Dua Kelinci”. dk-peanuts.com. Diunduh 16 Februari 2013 dari http://www.dk-peanuts.com/en/about-us/download-company-profile.html

Puguh, Valens Affandi. (2004). Pengenalan Dan Pemaknaan Logo Baru Bank BII Masyarakat Bisnis Surabaya. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2003). Psikologi Komunikasi. Tjun Surjaman (Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirmana Dasar-dasar Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

“SD Ngemplak Undaan & TK Trisula 02 Kudus”. dk-peanuts.com. Diunduh 21 April 2013 dari http://www.dk-peanuts.com/in/aboutus/news/sd-ngemplak-undaan-tk-trisula-02-kudus.html

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tanudjaja, Bing Bedjo. (2005). Aplikasi Prinsip Gestalt Pada Media Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 7(1), 56-66. Diunduh 9 September 2012 dari http://puslit.petra.ac.id/files/published/journals/

DKV/DKV050701/DKV05070105.pdf

“Twitter Dua Kelinci”. twitter.com. Diunduh 14 Juni 2013 dari https://twitter.com/DuaKelinci

“Website Baru PT. Dua Kelinci”. dk-peanuts.com. Diunduh 21 April 2013 dari http://www.dk-peanuts.com/selamat-datang-id.html

“Website Lama PT. Dua Kelinci”. dk-peanuts.com. Diunduh 21 April 2013 dari http://www.dk-peanuts.com/ina/index.html

Wibowo. Corporate Identity Rokok Jokteng Dan Aplikasinya. Email to Yessica Widyatama Oei. 2 Maret. 2013.

Wibowo. Mengapa Harus Ganti Logo? (Kasus Pergantian Logo PT Pertamina dan Bank BNI ditinjau dari aspek Filosofi, Estetika, dan Fungsional. Email to Yessica Widyatama Oei. 2 Maret. 2013.

Wijaya, Priscilia Yunita. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), 47-54. Diunduh 3 Maret 2013 dari http://puslit2.petra.ac.id/

ejournal/index.php/dkv/article/view/16040/16032


Refbacks

  • There are currently no refbacks.