Perancangan Board Game Mengenai Baik Buruknya Penggunaan Smartphone Bagi Remaja
(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Kurangnya efektifitas remaja dalam penggunaan smarthphone yang berdampak positif dan gaya hidup untuk menggunakannya secara berlebihan hanya untuk kesenangan dan hiburan sebagai dapat berdampak negatif jika tidak dibatasi. Hasil penelitian menggunakan metode kualitatif menunjukkan bahwa di kalangan remaja usia 17-18 tahun yang tinggal di Surabaya, penggunaan smarthphone bisa sampai lebih dari 8 jam. Penggunaan smarthphone di mata remaja saat ini adalah sebagai gaya hidup, bukan lagi sebagai alat bantu dalam mempermudah pekerjaan mereka, sehingga fungsi dari smarthphone yang dapat berdampak positif kurang dapat dirasakan. Remaja saat ini hanya akan mulai membatasi penggunaan smarthphone apabila mata mereka sudah merasa lelah, padahal ada dampak negatif lainnya yang dapat timbul jika tidak mengontrol pemakaian smarthphone. Oleh karena itu perlu adanya edukasi yang tepat dalam mengurangi dampak negatif dan meningkatkan dampak positif dari penggunaan smarthphone. Edukasi tersebut digunakan untuk melatih pemikiran, perasaan, penalaran, dan emosi agar dapat menumbuhkan sifat peduli dan melatih tanggung jawab remaja. Melalui permasalahan yang ada maka solusi yang ditawarkan berupa perancangan sebuah board game. Tujuan dari board game ini adalah sebagai media interaktif yang dapat mengedukasi, dapat dinikmati, dan menarik perhatian remaja mengenai baik buruknya penggunaan smarthphone.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Krisianto, A. (2014). Internet untuk Pemula.
Jakarta: Elex Media Komputindo.
Maharani, D. (2016, October 10). Dampak
Buruk Ponsel bagi Remaja dan Cara
Mengatasinya. Retrive Februari 2018 from
http://lifestyle.kompas.com/read/
/10/10/170700423/
dampak.buruk.ponsel.bagi.
remaja.dan.cara.mengatasinya
Susilo, S.T. (2015). Perancangan Board Game
Untuk Remaja Tentang Kandungan Mi
Instan Dan Dampaknya Pada Kesehatan.
(TA No. 00022700/DKV/2015).
Unpublished undergraduate thesis,
Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Widarsha, C. S. (2018, January 20). 2 Pelajar
Ini Didiagnosa Kecanduan Smartphone,
Ditangani Ahli Jiwa. Retriev from
https://news.detik.com/berita-jawa-
timur/d-3824306/2-pelajar-ini-didiagnosa-
kecanduan-smartphone-ditangani-ahli-
jiwa?-1578805136.1516419300&-
1516419300
Widiartanto, Y. H. (2016, October 24).
Pengguna Internet di Indonesia Capai 132
Juta. Retriev from
http://tekno.kompas.com/read/
/10/24/15064727/
pengguna.internet.di.indonesia.
capai.132.juta
Refbacks
- There are currently no refbacks.