PERANCANGAN KEMASAN PRODUK BATIK LOKAL TANJUNG BUMI TOKO MERDEKA MARLENA DAN PROMOSINYA

Sri Ayu Dini Permata(1*), Listia Natadjaja(2), Rika Febriani(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Batik Tanjung Bumi adalah salah satu aset kerajinan tangan yang khas dari kota Bangkalan, Pulau Madura. Banyak sekali macam dan motif pada batik Tanjung Bumi ini, salah satunya adalah batik Gentongan Tanjung Bumi toko Merdeka Marlena. Namun sayangnya pada kemasan batik toko Merdeka Marlena ini perlu dibenahi dalam segi material dan desain, agar dapat bersaing dengan para pesaingnya. Tujuan perancangan adalah berfungsi sebagai pelindung serta memberikan kesan yang khas Pulau Madura pada kemasan tersebut. Analisis data yang diperoleh menggunakan SWOT. Target audience pada perancangan ini ditujukan untuk kalangan menengah dan menengah atas. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah survey atau wawancara pada masyarakat Madura itu sendiri. Konsep kemasan yang dirancang berwarna merah bata, memberikan tradisional dan elegan yang bisa dilihat dari motif serta pemberian hotprint pada logo di setiap kemasan. Promosi yang digunakan pada perancangan ini adalah menggunakan sosial media, untuk memperkenalkan kemasannya yang baru. Oleh sebab itu, perancangan tugas akhir ini dibuat supaya dapat memberikan alternatif kemasan yang baik untuk kerajinan batik sehingga dapat meningkatkan image batik serta produk pada toko Merdeka Marlena.

Keywords


Kemasan; Batik Tanjung Bumi; Pulau Madura; Toko Merdeka Marlena.

Full Text:

PDF

References


Cenadi, Christine Suharto. (2000). "Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran". Dimensi Nirmana 2.1, 92-103.

Kasali, Rhenal. (2000). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Laksana, Fajar. (2008) Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Sandra A. Krasovee. (2007). Desain Kemasan: Perencanaan Merk Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Trans. Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Antara News. (2009, 2 Oktober). "Batik Indonesia Resmi Diakui UNESCO". Diperoleh 6 Februari 2018, dari URL https://www.antaranews.com/berita/156389/batik-indonesia-resmi-diakui-unesco

Bangkalan Memory. (2014). "Motif Batik Tanjung Bumi Bangkalan. Diperoleh 6 Februari 2018, dari URL http://bangkalanmemory.blogspot.co.id/2014/11/motif-batik-tanjung-bumi-bangkalan.html?m=1

Bisnis UKM. (2010). "Pentingkah Strategi Promosi Sebuah Produk?". Diperoleh 4 Februari 2018, dari URL https://bisnisukm.com/pentingkah-strategi-promosi-sebuah-produk.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.