Perancangan Branding dan Promosi Sirup Mimosa Khas Madiun
Abstract
Sirup lemon squash Mimosa adalah produk lokal Madiun yang telah diproduksi sejak 1960. Produk ini berpotensi untuk menjadi alternatif oleh-oleh khas Madiun, namun sayangnya potensi tersebut belum dimaksimalkan. Kemasan dipandang kurang menarik bagi calon konsumen baru hingga tak adanya media promosi mengancam Mimosa tergerus dalam persaingan. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dirancang branding dan promosi untuk memperbaharui dan mengenalkan image unik dan khas Mimosa. Target audience dari perancangan ini adalah masyarakat berusia 35-50 tahun yang gemar bernostalgia. Pembaharuan diwujudkan dalam perpaduan vintage style yang mempertahankan elemen label sebelumnya hingga penggunaan warna warm dan modern melalui layout yang minimalis. Media-media yang dibuat dalam perancangan ini terdiri dari desain kemasan, merchandise, kios, media sosial, dan media promosi lainnya.References
Agrinda, Yunus. (2016, Desember 4). Analisis pembangunan ekonomi di Kota Madiun. Pesan disampaikan dalam http://yunusagrinda.blogspot.co.id/2016/12/analisispembangunan- ekonomi-di-kota.html
Friesner, T. (2014). Promotion. Pesan disampaikan dalam http://www.marketingteacher.com/promotion/
Gospe, M. (2015, Februari 16). Value propositions vs. positioning statements: What’s the difference?. Pesan disampaikan dalam https://www.linkedin.com/pulse/value-propositionsvs-positioning-statements-whats-difference-gospe
Gregory, S. (2018, Mei 1). 11 simple steps for a successful brand building process. Pesan disampaikan dalam https://freshsparks.com/successful-brandbuilding-process/
Keller, K.L., Kotler, P. (2012). Marketing management 14th ed. New Jersey: Prentice Hall.
Marion. (2015, November). What is branding?. Pesan
disampaikan dalam http://www.thebrandingjournal.com/2015/10/what-isbranding-definition/