Perancangan Visual Branding dan Promosi Che’s Bakery di Samarinda
(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Perancangan ini dilakukan untuk membantu Che’s Bakery mendapatkan brand proposition yang baru di masyarakat Samarinda dan sekitarnya. Che’s Bakery mengalami penurunan penjualan dikarenakan tidak adanya
konsistensi branding dan promosi yang kuat, sehingga dibutuhkan sebuah visual branding yang konsisten namun tetap sesuai dengan image bakery yang diinginkan oleh pemilik dan dibutuhkan juga strategi promosi yang efektif untuk membantu Che’s Bakery meningkatkan penjualan mereka. Metode analisis data yang digunakan dalam perancangan ini adalah SWOT dengan pendekatan dengan metode penelitian kualitatif, hal ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bakery-bakery yang menjadi pesaing dari Che’s Bakery. Konsep visual dari perancangan ini adalah menampilkan kesan premium dan homemade dari Che’s Bakery melalui warna, font dan grafis yang ada. Hasil perancangan ini meliputi logo, kemasan, brand merchandise, media sosial, spanduk, delivery service serta strategi promosi yang mampu menunjang branding dan sesuai dengan target audience dan target market yang ada di Samarinda.
konsistensi branding dan promosi yang kuat, sehingga dibutuhkan sebuah visual branding yang konsisten namun tetap sesuai dengan image bakery yang diinginkan oleh pemilik dan dibutuhkan juga strategi promosi yang efektif untuk membantu Che’s Bakery meningkatkan penjualan mereka. Metode analisis data yang digunakan dalam perancangan ini adalah SWOT dengan pendekatan dengan metode penelitian kualitatif, hal ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bakery-bakery yang menjadi pesaing dari Che’s Bakery. Konsep visual dari perancangan ini adalah menampilkan kesan premium dan homemade dari Che’s Bakery melalui warna, font dan grafis yang ada. Hasil perancangan ini meliputi logo, kemasan, brand merchandise, media sosial, spanduk, delivery service serta strategi promosi yang mampu menunjang branding dan sesuai dengan target audience dan target market yang ada di Samarinda.
Keywords
Che’s Bakery; branding; visual branding; promosi; bakery
Full Text:
PDFReferences
Bluesodapromo. (2013). Everything there is to know
about logo design. Diunduh 2 Maret 2018 dari
http://www.bluesodapromo.com/blog/logo-designguide/.
Calonaci, D. (2016). Practical responsive typography.
Birmingham : Packt Publishing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Kotler & Keller
(15th ed). New Jersey: Pearson Education.
Rogoll, C. (2015). Star Brands. New York: Allworth
Press.
Setiawan, D. (2014). Perancangan visual branding
gitar elektrik seviaji edisi produk 1(Edisi Pr 1)
sebagai produk hand made di Yogyakarta. Diunduh
Desember 2017 dari
digilib.isi.ac.id/199/1/BAB%20I%20Setiawan.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.