PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET SECARA BERLEBIHAN TERHADAP TUBUH

kristoforus Yosef Donnyanggoro(1*), Petrus Gogor Bangsa(2), Mendy Hosana Malkisedek(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Intensitas penggunaan gawai saat ini semakin tinggi. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, sudah mulai mengenal dan menggunakan gawai. Tidak ada hal yang tidak dapat dilakukan oleh gawai, sehingga tingkat ketergantungan terhadap gawai semakin tinggi. Namun, kebanyakan dari pengguna tidak mengerti dampak buruk bagi kesehatan akibat terlalu sering bermain gawai. Perancangan iklan layanan masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak berusia 15-18 tahun, agar mereka bijak dalam menggunakan gawai. Dengan meningkatnya kesadaran mereka, mereka dapat mempersiapkan masa depan jauh lebih baik dan terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.


Keywords


Gadget, ILM, SMA, Generasi Z dan dampak.

Full Text:

PDF

References


Astro, M. M. (2018, Januari). Siswa di Bondowoso Gangguan Jiwa Karena Kecanduan Gawai. Retrieved Februari 25, 2018, from https://www.antaranews.com/berita/676847/siswa-di-bondowoso-gangguan-jiwa-karena-kecanduan-gawai

Brown, B. (2012). Cinematography: theory and practice: image making for cinematographers and directors: Focal Press

Dowithgadget. (2017, Oktober). Pengertian Gadget,

Apa Itu Gadget, Dan Arti Gadget.

Retrieved Maret 18,2018, from https://www.dowithgadget.com/pengertian-

gadget/

Indriani, Ririn (2014, April). 11 Efek Buruk Gadget bagi Kesehatan, Retrivied: Febuari 10, 2018, from https://www.suara.com/health/2014/04/05/173106/11-efek-buruk-gadget-bagi-kesehatan

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan. Bandung: PAU-EKONOMI-UI

Kominfo (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet, Retrieved Februari 10, 2018, from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers

Pengertian Ahli. (2014). Pengertian Media dan Jenis Media, Retrived Maret 18, 2018, from http://www.pengertianahli.com/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.html

Sanjaya, Ade. (n.d). Pengertian Iklan Layanan Masyarakat Fungsi Definisi Menurut Para Ahli. Retrieved febuari 10, 2018, http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-iklan-layanan-masyarakat.html

Soemargo, N. (2018, Maret). Wawancara. Surabaya

Stillman, D & Stillman, J. (2017). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja (buku 1). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Susilana R., & Riyana C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, pengembangan, Pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Widyatama, Rendra. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.