Perancangan Desain Kemasan Dodol Produk UD. Warna Sari Sebagai Oleh - Oleh Khas Pulau Lombok
Abstract
UD. Warna Sari adalah salah satu perusahaan yang menjual dan memproduksi dodol Suranadi khas pulau Lombok sejak tahun 1989. Dodol yang dijual beraneka macam rasa, seperti nangka, nanas, tape, pisang dan sirsak. Perancangan kemasan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang ada pada kemasan dodol produk UD. Warna Sari, yang masih belum menampilkan identitas sebagai produk oleh-oleh khas Pulau Lombok, dari segi visual cenderung mirip dengan kompetitor, kemudian kemasan plastik yang digunakan kurang kokoh membuat dodol mudah berubah bentuk. Dengan kemasan yang baru, diharapkan dapat sesuai dengan karakteristik produk dan dapat lebih menonjolkan identitas UD. Warna Sari. Data pendukung pada perancangan ini didapat melalui wawancara dan observasi terhadap produk dodol UD. Warna Sari beserta kemasannya, dan dianalisis menggunakan SWOT dan VIEW.
References
Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana 2 (1), 92-103.
Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2007). Desain
Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sari & Suryadi, M. (2018, Januari 16). UD. Warna Sari. (V. Davita, Pewawancara)
Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual : Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Yulianti, A. (2011, November 4). Berkunjung ke Hutan Wisata dan Menikmati Makanan Khas Suranadi. Detik Travel. Retrived Desember 29, 2017, from https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1760206/berkunjung-ke-hutan-wisata-dan-menikmati-makanan-khas-suranadi
Yustitia. ”Mengatasi Lelah dengan Berkunjung ke Taman Suranadi”. 10 Juli 2013. http://lombok.panduanwisata.id/wisata-religi/mengatasi-lelah-dengan-berkunjung-ke-taman-suranadi/