Perancangan Kampanye Sosial "Clean the Fridge"

Authors

  • Sonia Anggriawan UK Petra
  • Elisabeth Christine Yuwono UK Petra
  • Bambang Mardiono Soewito UK Petra

Keywords:

campaign, media, konsumen, AISAS

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman dan meningkatnya perekonomian masyarakat makanan menjadi sesuatu yang mudah untuk diperoleh. Dengan kemudahan tersebut memungkinkan makanan menjadi sesuatu yang seringkali tidak tersentuh, tidak dihargai, bahkan dibuang. Disisi lain, masih banyak masyarakat Indonesia yang berada pada garis kemiskinan yang membutuhkan makanan. Masalah membuang makanan atau yang biasa disebut food waste sendiri telah menjadi perhatian dunia karena berpengaruh terhadap lingkungan. Perlu adanya solusi kreatif untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu food waste salah satunya dalam bentuk kampanye. Kampanye “Clean the Fridge” mengajak masyarakat perkotaan dengan usia 21-35 tahun untuk lebih peduli terhadap isu food waste terutama pada bahan makanan. Melalui kampanye Clean the Fridge, masyarakat diajak untuk menyimpan bahan makanan dengan baik, mengolah bahan makanan dengan efisien serta membagikan bahan makanan layak konsumsi yang sudah tidak diinginkan lagi. Dengan melakukan langkah sederhana tersebut, secara tidak sadar masyarakat dapat menghindari makanan terbuang.

Author Biographies

Sonia Anggriawan, UK Petra

DKV Petra

Elisabeth Christine Yuwono, UK Petra

DKV Petra

Bambang Mardiono Soewito, UK Petra

DKV Petra

References

Anindito, B.(2014). Definisi Kampanye. Prezi.

Retrived 12 Mei 2018, from

https://prezi.com/jigpulc1rbit/definisi-kampanye

Ardiaz, A.N. 18 Desember 2017. Apa yang dimaksud

dengan Kampanye atau Campaign, forum

diskusi diction.id. Retrivied 12 Mei 2018 from dictio: https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-kampanye-atau-campaign/14599

Bisara, D. (7 Juli 2017). News: Jakarta Globe.

Retrivied Februari 25, 2018, from Jakarta

Globe: http://jakartaglobe.id/business/indonesia-second-largest-food-waster/

EIU (Economist Intelligence Unit). (2016). Fixing

Food Towards A Sustainable Food System. Italia: the Food Sustainability Index

Mark Bond, T. M. (2013). Food Waste within Global

Food System. United Kingdom: Global Food Security Programme.

Rogers, E. M., & Storey J. D. (1987).

Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.), Handbook of Communication Science, New Burry Park; Sage.

Downloads

Published

2018-07-18

Issue

Section

Articles