Perancangan Kampanye Sosial "Clean the Fridge"
Keywords:
campaign, media, konsumen, AISASAbstract
Seiring dengan berkembangnya zaman dan meningkatnya perekonomian masyarakat makanan menjadi sesuatu yang mudah untuk diperoleh. Dengan kemudahan tersebut memungkinkan makanan menjadi sesuatu yang seringkali tidak tersentuh, tidak dihargai, bahkan dibuang. Disisi lain, masih banyak masyarakat Indonesia yang berada pada garis kemiskinan yang membutuhkan makanan. Masalah membuang makanan atau yang biasa disebut food waste sendiri telah menjadi perhatian dunia karena berpengaruh terhadap lingkungan. Perlu adanya solusi kreatif untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu food waste salah satunya dalam bentuk kampanye. Kampanye “Clean the Fridge” mengajak masyarakat perkotaan dengan usia 21-35 tahun untuk lebih peduli terhadap isu food waste terutama pada bahan makanan. Melalui kampanye Clean the Fridge, masyarakat diajak untuk menyimpan bahan makanan dengan baik, mengolah bahan makanan dengan efisien serta membagikan bahan makanan layak konsumsi yang sudah tidak diinginkan lagi. Dengan melakukan langkah sederhana tersebut, secara tidak sadar masyarakat dapat menghindari makanan terbuang.
References
Anindito, B.(2014). Definisi Kampanye. Prezi.
Retrived 12 Mei 2018, from
https://prezi.com/jigpulc1rbit/definisi-kampanye
Ardiaz, A.N. 18 Desember 2017. Apa yang dimaksud
dengan Kampanye atau Campaign, forum
diskusi diction.id. Retrivied 12 Mei 2018 from dictio: https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-kampanye-atau-campaign/14599
Bisara, D. (7 Juli 2017). News: Jakarta Globe.
Retrivied Februari 25, 2018, from Jakarta
Globe: http://jakartaglobe.id/business/indonesia-second-largest-food-waster/
EIU (Economist Intelligence Unit). (2016). Fixing
Food Towards A Sustainable Food System. Italia: the Food Sustainability Index
Mark Bond, T. M. (2013). Food Waste within Global
Food System. United Kingdom: Global Food Security Programme.
Rogers, E. M., & Storey J. D. (1987).
Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.), Handbook of Communication Science, New Burry Park; Sage.