PERANCANGAN PERMAINAN INTERAKTIF SEBAGAI PENDUKUNG OPTIMALISASI GOLDEN AGE PADA ANAK
Abstract
Perancangan tugas akhir ini bertujuan untuk mengisi aktivitas anak dengan permainan interaktif yangdapat menstimulasi psikologis dan kemampuan motorik anak dalam usia golden age 4-6 tahun. Usia
golden age (0-8 tahun) merupakan usia yang tepat untuk menanamkan hal-hal positif pada anak, sebab
apa yang tertanam sejak masa golden age akan terbawa hingga dewasa. Stimulasi untuk anak ini
penting demi masa depan generasi agar lebih berkualitas moral dan etikanya. Perancangan berbentuk
permainan interaktif dilakukan sebagai pendekatan karena pada dasarnya kegiatan dan cara belajar
anak pada usia golden age dilakukan dengan cara bermain. Dalam permainan interaktif ini, diperlukan
interaksi antara orang tua dan anak maupun pemain lain. Permainan ini juga bertujuan menciptakan
stimulasi motorik dan kognitif bagi anak-anak usia tersebut.
References
Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh
Kembang Anak Melalui Permainan
Tradisional. Yogyakarta: Javalitera
Alia, A.D. (2016, November). Mengenal 5
Aspek Perkembangan Anak Usia Dini, from
https://www.parentingclub.co.id/smartstories/.
mengenal-5-aspek-perkembangananak-
usia-dini
Alodokter. (2016). Cara Anak Aktif Bergerak,
from http://www.alodokter.com/mengajakanak-
aktif-bergerak
American Academy of Pediatrics. (2016).
American Academy of Pediatrics
Announces New Recommendations for
Children’s Media Use. Retrieved October
21, 2016, from https://www.aap.org/enus/
about-the-aap/aap-pressroom/
pages/american-academy-ofpediatrics-
announces-newrecommendations-
for-childrens-mediause.
aspx
Clara, F.V. (2015). Introduction to Game
Analysis. New York
Clegg, B. (2006). 76 Cara Instan
Meningkatkat Kreativitas Anda. Jakarta :
Erlangga.
Baskoro, B.P. (2015). Pengembangan
Permainan Anak Dengan Konsep
Interactive Playground. Jurnal Tingkat
Sarjana Senirupa dan Desain, 2
Dream.co.id. (2018). Cahaya Layar Ponsel
Bikin Anak Jadi Lemah Ingatannya. 3
Januari 2018, from
https://www.google.co.id/amp/s/m.dream.c
o.id/amp/fresh/cahaya-layar-ponsel-bikinanak-
jadi-lemah-ingatannya-180102e.html
Gabriella, E. 2014. Manfaat Pendidikan
Keterampilan. 26 Agustus 2014, from
https://www.kompasiana.com/elizabethgab
riella/manfaat-pendidikanketerampilan_
54f5f239a33311b07d8b4640
Ilmunesia. (2017). Mengenal Macam-macam
Aliran Style Desain Grafis. 7 Agustus
2017, from http://ilmunesia.com/mengenalmacam-
macam-aliran-style-desain-grafis/
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan.
Jakarta: Kencana Kamus Besar Bahasa
Indonesia. (1984). Jakarta: Balai Pustaka
Kamenetz, A. 2016. American Academy of
Pediatrics Lifts ‘No Screens Under 2’
Rule. 21 October 2016, from
https://www.npr.org/sections/ed/2016/10/
21/498550475/american-academy-ofpediatrics-
lifts-no-screens-under-2-rule
Komarudin, A (2018). Kebiasaan dan
Perilaku Baik Yang Harus Diajarkan
Sejak Dini Pada Anak, from
http://www.solusisehatku.com/kebiasaandan-
perilaku-baik-yang-harus-diajarkansejak-
dini-pada-anak
Martin Handoko & Theo Riyanto. (2006).
100 permainan Penyegar Pertemuan.
Yogyakarta: Kanisius
Nieves, M. 2017. Desain dalam 60 Detik:
Font Serif vs. Sans Serif. 20 Maret 2017,
from
https://design.tutsplus.com/id/articles/des
ign-in-60-seconds-serif-vs-sans-seriffonts--
cms-28304
Nuriah, E.S. (2015, November)
Perkembangan Peserta Didik
Perkembangan Anak Usia 6 Sampai 8
Tahun. Jurnal Jurusan Bimbingan dan
Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu
Perkembangan Kognitif Melalui Permainan.
Retrieved Desember 15, 2012, from
https://uukurniawati.wordpress.com/2012
/12/15/perkembangan-kognitif-melaluipermainan/
Reza, S. (2017, Agustus). Karakteristik Anak
Usia Dini Secara Umum. Retrieved
Agustus 7, 2017, from
http://dosenpsikologi.com/karakteristikanak-
usia-dini
Rifa, A. (2012). Koleksi Games Edukatif di
Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta:
Flash Books
Safitri, L. (2014, Februari). Golden Age pada
Anak Usia Dini. Retrieved Februari 28,
2014, from
http://dosenpsikologi.com/karakteristikanak-
usia-dini
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia
Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan
Anak. Jakarta: Kencana
Susilawati, N. ( 2016, September). 8 Manfaat
Bermain Game Interaktif Bagi Anak.
Retrieved September 28, 2016, from
http://www.buahatiku.com/8-manfaatbermain-
game-interaktif-bagi-anak/
Tahap-tahap Perkembangan Anak Usia 0-5
tahun. Retrieved Juli 25, 2017, from
com/parenting/tahap-tahapperkembangan-
anak-usia-0-5-tahun/
Wibawanto, W. (2017). Desain dan
Pemrograman Multimedia Pembelajaran
Interaktif. Jember
Yunita, N.W. (2016, April). Kemendikbud:
15 Game ini Berbahaya bagi anak.
9
Retrieved April 28, 2016, from
https://news.detik.com/berita/3198716/ke
mendikbud-15-game-ini-berbahaya-bagianak