Perancangan Buku Interaktif dalam Meningkatkan “Self-Esteem” Sebagai Upaya Pencegahan “Bullying” Pada Anak Usia 7-9 Tahun

Tirza Amelia Hartono(1*), Wibowo wibowo(2), Rika Febriani(3),


(1) UK Petra
(2) UK. Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kasus bullying semakin marak terjadi di Indonesia, bahkan saat ini prilaku bullying sudah banyak
ditemukan pada anak-anak sekolah dasar. Padahal dampak psikologis yang ditimbulkan pada anak bisa sampai
seumur hidup. Self-esteem pada anak sangat penting dan perlu dibangun sejak dini sebagai langkah preventif
terhadap bullying pada anak. Sebelum anak menjadi korban dan pelaku bullying anak bisa belajar bagimana
membangun self-esteem dalam diri mereka. Lewat perancangan buku ini anak akan sadar bahwa tindakan bully
adalah hal yang salah dan anak akan tahu bagaimana cara bertindak ketika mereka dihadapkan pada prilaku
bullying. Dengan begitu diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih baik dengan kehidupan sosial yang
lebih sehat.


Keywords


Kasus bullying semakin marak terjadi di Indonesia, bahkan saat ini prilaku bullying sudah banyak ditemukan pada anak-anak sekolah dasar. Padahal dampak psikologis yang ditimbulkan pada anak bisa sampai seumur hidup. Self-esteem pada anak sangat penting da

Full Text:

Untitled

References


Blanco, Jodee. (2012). Bencana Sekolah!. Jakarta:

Pustaka Alvabet.

Branden, Nathaniel. (1994). The Six Pillars Of Self-

Esteem. New York: Bantam

Books.

Cahyono, C.H & Suparyo, W. (1985). Tahap-Tahap

Perkembangan Moral. Malang: IKIP Malang

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying. Jakarta: Penerbit

Serambi Ilmu Semesta.

Darmaprawira W.A., Sulasmi. (2002). Warna : Teori

dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung:

Penerbit ITB,.

Goodwin, David. (2009). Strategies to Deal with

Bullying. North Richmond, NSW: Kidsreach

Inc.

Hurlock, E.B. (1990). Developmental Psychology: A

Lifespan Approach. (terjemahan oleh

Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga

Kartono, Dr. Kartini. (2007). Psikologi Anak

(Perkembangan Anak). Bandung: Mandar

Maju.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin (2014). Implementasi

Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan.

Surabaya: Kata Pena.

Mruk, C.J. (2006). Self-Esteem Research, Theroy, and

Practice. Toward a Positive Psychology of

Self-Esteem. (3th ed.). New York: Springer

Publishing Company.

Makmun (1995). Perkembangan Anak. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Pepler, D & Craig, W. (2002). Making a Difference in

Bullying.

http://melissainstitute.com/documents/Making

ADifference.pdf.(online).

Piaget, Jean, & Barbel Inhelder (2010). Psikologi

Anak, (Terj. Miftahul Jannah). Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Rigby, Ken (2007). Bullying in School : and what to

do about it. Victoria: Acer Press.

Salkind, Neil J. (2004). An Introduction to Theories of

Human Development. Thousand Oaks,

London. New Delhi: Sage Publications

International Education and Publisher.

Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di

Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta:

Grasindo.

Slavin, R.E. (2006) Educational Psychology Theory

and Practice. Unites States of America: John

Hopkins University.

Triwulandari, Puspita. (2014). Perancangan Buku

Pop-up Pentingnya Mengonsumsi Sayursayuran

bagi Anak. Jakarta: Telkom

University.

Wahyudin, U. & Agustin, M. (2011). Penilaian

Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan

untuk Guru, Tutor, Fasilator dan Pengelola

Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika

Aditama

Wardhani, Rayenda Puti (2015). Skripsi:

Perancangan Buku Interaktif Mengenai Miopi

Untuk Anak. Surabaya: Petra Christian

University,

Williyanto, Fanny (2013). Skripsi: Perancangan Buku

Interaktif Pengenalan dan Pelestarian Sugar

Glider di Indonesia Bagi Anak 7-12 Tahun.

Surabaya: SPetra Christian University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.