Perancangan Buku Interaktif dalam Meningkatkan “Self-Esteem” Sebagai Upaya Pencegahan “Bullying” Pada Anak Usia 7-9 Tahun
(1) UK Petra
(2) UK. Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Kasus bullying semakin marak terjadi di Indonesia, bahkan saat ini prilaku bullying sudah banyak
ditemukan pada anak-anak sekolah dasar. Padahal dampak psikologis yang ditimbulkan pada anak bisa sampai
seumur hidup. Self-esteem pada anak sangat penting dan perlu dibangun sejak dini sebagai langkah preventif
terhadap bullying pada anak. Sebelum anak menjadi korban dan pelaku bullying anak bisa belajar bagimana
membangun self-esteem dalam diri mereka. Lewat perancangan buku ini anak akan sadar bahwa tindakan bully
adalah hal yang salah dan anak akan tahu bagaimana cara bertindak ketika mereka dihadapkan pada prilaku
bullying. Dengan begitu diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih baik dengan kehidupan sosial yang
lebih sehat.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Blanco, Jodee. (2012). Bencana Sekolah!. Jakarta:
Pustaka Alvabet.
Branden, Nathaniel. (1994). The Six Pillars Of Self-
Esteem. New York: Bantam
Books.
Cahyono, C.H & Suparyo, W. (1985). Tahap-Tahap
Perkembangan Moral. Malang: IKIP Malang
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying. Jakarta: Penerbit
Serambi Ilmu Semesta.
Darmaprawira W.A., Sulasmi. (2002). Warna : Teori
dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung:
Penerbit ITB,.
Goodwin, David. (2009). Strategies to Deal with
Bullying. North Richmond, NSW: Kidsreach
Inc.
Hurlock, E.B. (1990). Developmental Psychology: A
Lifespan Approach. (terjemahan oleh
Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga
Kartono, Dr. Kartini. (2007). Psikologi Anak
(Perkembangan Anak). Bandung: Mandar
Maju.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin (2014). Implementasi
Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan.
Surabaya: Kata Pena.
Mruk, C.J. (2006). Self-Esteem Research, Theroy, and
Practice. Toward a Positive Psychology of
Self-Esteem. (3th ed.). New York: Springer
Publishing Company.
Makmun (1995). Perkembangan Anak. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Pepler, D & Craig, W. (2002). Making a Difference in
Bullying.
http://melissainstitute.com/documents/Making
ADifference.pdf.(online).
Piaget, Jean, & Barbel Inhelder (2010). Psikologi
Anak, (Terj. Miftahul Jannah). Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Rigby, Ken (2007). Bullying in School : and what to
do about it. Victoria: Acer Press.
Salkind, Neil J. (2004). An Introduction to Theories of
Human Development. Thousand Oaks,
London. New Delhi: Sage Publications
International Education and Publisher.
Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di
Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta:
Grasindo.
Slavin, R.E. (2006) Educational Psychology Theory
and Practice. Unites States of America: John
Hopkins University.
Triwulandari, Puspita. (2014). Perancangan Buku
Pop-up Pentingnya Mengonsumsi Sayursayuran
bagi Anak. Jakarta: Telkom
University.
Wahyudin, U. & Agustin, M. (2011). Penilaian
Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan
untuk Guru, Tutor, Fasilator dan Pengelola
Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika
Aditama
Wardhani, Rayenda Puti (2015). Skripsi:
Perancangan Buku Interaktif Mengenai Miopi
Untuk Anak. Surabaya: Petra Christian
University,
Williyanto, Fanny (2013). Skripsi: Perancangan Buku
Interaktif Pengenalan dan Pelestarian Sugar
Glider di Indonesia Bagi Anak 7-12 Tahun.
Surabaya: SPetra Christian University.
Refbacks
- There are currently no refbacks.