PERANCANGAN BUKU HARIAN INTERAKTIF PENUNJANG EKSPRESI MENULIS BAGI ANAK
Keywords:
Buku Pembelajaran Bermain Biola, Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-8 TahunAbstract
Kemampuan menulis bagi anak usia sekolah dasar (umur 6-12 tahun) merupakan keterampilan yang sangat penting
bagi anak. Namun, pada kenyataannya kemampuan menulis anak usia sekolah tersebut masih sangat kurang,
terbukti dari berbagai hasil survey dari berbagai lembaga internasional yang menyatakan bahwa kualitas menulis
pelajar Indonesia masih buruk. Perancangan ini ditujukan untuk membantu peningkatan ketrampilan menulis
untuk anak usia 8-10 tahun. Menurut sejumlah ahli, buku harian memiliki banyak manfaat yang baik dalam
perkembangan berbahasa salah satunya adalah dapat melatih kualitas tulisan anak.
References
Dinas Pendidikan. (2013). Melalui Kurikulum
Wajib Baca di Sekolah, Wujudkan Surabaya
Gemar Membaca. Retrieved February 8, 2017,
from
http://dispendik.surabaya.go.id/index.php?optio
n=com_content&view=article&id=715:melalui
-kurikulum-wajib-baca-di-sekolah-wujudkansurabaya-
gemarmembaca&
catid=2&Itemid=101&lang=en
Djuharie, O. S. (2001). Panduan Membuat Karya
Tulis. Bandung: Yrama Widya
Dzuanda. (2009). Perancangan Buku Narasi Anak
Pop Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri
Gatot Kaca. (ITS-Undergraduate-
3100009035043) Unpublished undergraduate
thesis, Institut Teknologi Surabaya, Surabaya.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. (Vol.
1., 6th ed.) (dr. Med. Meitasari Tjandrasa & Dra.
Muslichah Zarkasih, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Krashen, S. D. (2004). The Power of Reading:
Insights from the Research (2nd ed.). Westport,
Connecticut: Libraries Unlimited.
Kumara, A. (2000). Peran Aktif Orang Tua
Terhadap Ekspresi Tulis Anak. Jurnal Psikologi,
27(1), 1-9. Retrieved March 12, 2017, from
https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7005
Lestari, Maya. (2015, November 03). Bagaimana
Memulai Pelajaran Mengarang Untuk Anak?
Retrieved September 8, 2016, from
http://mayalestarigf.com/2015/11/03/bagaima
na-memulai-pelajaran-mengarang-untuk-anak/
Mangen, A., & Velay, J. L. (2010). Digitizing
literacy: reflections on the haptics of writing.
INTECH Open Access Publisher.
Mueller, P. A., & Oppenheimer, D. M. (2014). The
pen is mightier than the keyboard advantages
of longhand over laptop note taking.
Psychological science, 0956797614524581.
Mirriam-Goldberg, C. (2005) Daripada Bete,
Nulis Aja! Panduan Nulis Asyik Dimana Saja,
Kapan Saja. Jadi Penulis Beken pun Bisa!
(Lusy Widjaja, Trans.) (3th ed.). Bandung: PT.
Mizan Pustaka.
Pennebaker, J. W. (1997). Writing about
emotional experiences as a therapeutic process.
Psychological science, 8(3), 162-166.
Pennebaker, J. W., & Beall, S. K. (1986).
Confronting a traumatic event: Toward an
understanding of inhibition and disease.
Pennebaker, J. W., & Beall, S. K. (1986).
Confronting a traumatic event: toward an
understanding of inhibition and disease. Journal
of abnormal psychology, 95(3), 274.
Pennebaker, J. W., & Chung, C. K. (2007). Social
cognition and communication. Sydney:
Psychology Press.
Lestari, G. ( 2014). Upaya Meningkatkan
Kemampuan Mengarang Siswa melalui Media
Gambar Seri di Kelas III SD Negeri Suren
Tahun 2013/2014. Published undergraduate
thesis, Universitas Negeri Yogyakarta,
Yogjakarta, from http://eprints.uny.ac.id/13514/
Rahmawati, M. (2014). Menulis Ekspresif sebagai
Strategi Mereduksi Stres untuk Anak-anak
Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (Vol.
2, pp. 276-293). Jurnal Ilmiah Psikologi
Terapan: Universitas Muhammadiyah Malang.
Retrieved March 12, 2017, from
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/
view/2002
Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., & Hilgard, E.R..
Pengantar psikologi (Vol. 1) / (Nurdjanah
Taufiq, Rukmini Barhana, Trans.). Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Vygotsky, L. (1978). Interaction Between
Learning and Development. (pp. 34-30) In
Gauvain & Cole (Eds.) Readings on the
Development of Children. New York: Scientific
American Books.