Perancangan Concept Art Berdasarkan Sejarah Kerajaan Majapahit
(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Dewasa ini perkembangan game bertema sejarah di Indonesia sangatlah kurang karena kurangnya referensi yang
dimiliki oleh game developer dalam mengembangkan game bertema sejarah. Selain itu, pelajaran sejarah susah
dipelajari oleh kebanyakan orang pada usia sekolah karena pelajaran ini kurang disukai dan dianggap sebagai
pelajaran yang tidak penting untuk dipelajari sekaligus membosankan. Tujuan dari perancangan concept art ini
sebagai media untuk meningkatkan perkembangan game bertema sejarah serta sebagai media bantu untuk menarik
minat serta mempermudah pembelajaran sejarah pada remaja berusia 15-18 tahun dengan cara penceritaan sejarah
secara visual tanpa membuat orang merasa bosan dengan tulisan-tulisan sejarah tanpa gambar. Sejarah yang
diangkat adalah sejarah Kerajaan Majapahit di Nusantara. Tema ini diangkat karena sejarah Kerajaan Majapahit
di Indonesia masih kurang diulas (lebih banyak sejarah penjajahan Belanda dan sejarah pendudukan Jepang).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, J. (2011). Concept Art is Vital. Retrieved
from The process of making concept art:
conceptartisvital.com
Adji, K. B. (2016). Di Balik Pesona dan Sisi Kelam
Majapahit, Sebuah Catatan Sejarah yang
Tercecer dan Disembunyikan.
Yogyakarta: Araska.
Cobban, J. L. (1990). The City of Java : An Essay
in Historical Geography. Michigan: UMI
Dissertation Services.
Galiban, R. R. (n.d.). What is Concept Art?
Retrieved from Randbin:
http://www.randbin.com/what-is-conceptart/
Hidayat, M. (2013). Arya Wiraraja dan Lamajang
Tigang Guru, Menafsir Ulang Sejarah
Majapahit Timur. Denpasar: Pustaka
Larasan.
Muljana, S. (2005). Menuju Puncak Kemegahan
Majapahit. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Panji, T. (2015). Kitab Sejarah Terlengkap
Majapahit. Yogyakarta: Laksana.
Pickthall, J. (2012, November 6). Just What is
Concept Art? Retrieved from Creative
Bloq:
http://www.creativebloq.com/career/whatconcept-
art-11121155
Rahardjo, S. (2011). Peradaban Jawa. Beji Timur:
Komunitas Bambu.
Raymond, J. (2014, January 30). Concept Art:
What is Concept Art and Why is it
Important? Retrieved from Artistry in
Games:
http://artistryingames.com/concept-artconcept-
art-important/
Sejarah Kerajaan Majapahit. (2013, Agustus 20).
Diambil kembali dari Portal Sejarah:
http://www.portalsejarah.com/sejarahkerajaan-
majapahit.html
Stevanus, J. (2015). Perancangan Visual
Development Sebagai Media Bantu
Pembelajaran Sejarah. Surabaya: Fakultas
Seni dan Desain Universitas Kristen Petra.
Wardoyo, S. (2014). The Rise of Majapahit.
Jakarta: PT Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.