Perancangan Concept Art Berdasarkan Sejarah Kerajaan Majapahit

Steven Aldo Tjandra(1*), Aristarchus Pranayama(2), Ryan Sutanto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini perkembangan game bertema sejarah di Indonesia sangatlah kurang karena kurangnya referensi yang
dimiliki oleh game developer dalam mengembangkan game bertema sejarah. Selain itu, pelajaran sejarah susah
dipelajari oleh kebanyakan orang pada usia sekolah karena pelajaran ini kurang disukai dan dianggap sebagai
pelajaran yang tidak penting untuk dipelajari sekaligus membosankan. Tujuan dari perancangan concept art ini
sebagai media untuk meningkatkan perkembangan game bertema sejarah serta sebagai media bantu untuk menarik
minat serta mempermudah pembelajaran sejarah pada remaja berusia 15-18 tahun dengan cara penceritaan sejarah
secara visual tanpa membuat orang merasa bosan dengan tulisan-tulisan sejarah tanpa gambar. Sejarah yang
diangkat adalah sejarah Kerajaan Majapahit di Nusantara. Tema ini diangkat karena sejarah Kerajaan Majapahit
di Indonesia masih kurang diulas (lebih banyak sejarah penjajahan Belanda dan sejarah pendudukan Jepang).


Keywords


Concept Art, Game, Sejarah, Metode Pembelajaran, Kerajaan Majapahit.

Full Text:

PDF

References


Adam, J. (2011). Concept Art is Vital. Retrieved

from The process of making concept art:

conceptartisvital.com

Adji, K. B. (2016). Di Balik Pesona dan Sisi Kelam

Majapahit, Sebuah Catatan Sejarah yang

Tercecer dan Disembunyikan.

Yogyakarta: Araska.

Cobban, J. L. (1990). The City of Java : An Essay

in Historical Geography. Michigan: UMI

Dissertation Services.

Galiban, R. R. (n.d.). What is Concept Art?

Retrieved from Randbin:

http://www.randbin.com/what-is-conceptart/

Hidayat, M. (2013). Arya Wiraraja dan Lamajang

Tigang Guru, Menafsir Ulang Sejarah

Majapahit Timur. Denpasar: Pustaka

Larasan.

Muljana, S. (2005). Menuju Puncak Kemegahan

Majapahit. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Panji, T. (2015). Kitab Sejarah Terlengkap

Majapahit. Yogyakarta: Laksana.

Pickthall, J. (2012, November 6). Just What is

Concept Art? Retrieved from Creative

Bloq:

http://www.creativebloq.com/career/whatconcept-

art-11121155

Rahardjo, S. (2011). Peradaban Jawa. Beji Timur:

Komunitas Bambu.

Raymond, J. (2014, January 30). Concept Art:

What is Concept Art and Why is it

Important? Retrieved from Artistry in

Games:

http://artistryingames.com/concept-artconcept-

art-important/

Sejarah Kerajaan Majapahit. (2013, Agustus 20).

Diambil kembali dari Portal Sejarah:

http://www.portalsejarah.com/sejarahkerajaan-

majapahit.html

Stevanus, J. (2015). Perancangan Visual

Development Sebagai Media Bantu

Pembelajaran Sejarah. Surabaya: Fakultas

Seni dan Desain Universitas Kristen Petra.

Wardoyo, S. (2014). The Rise of Majapahit.

Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.