Perancangan Destination Branding Kota Pontianak Sebagai Kota Kuliner

Sandy Sandy(1*), Maria Nala Damajanti(2),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kota Pontianak merupakan kota dengan percampuran mayoritas etnis Melayu dan Tionghoa, hal tersebutlah yang menyebabkan munculnya ragam makanan di Kota Pontianak. Di Kota Pontianak sendiri mudah ditemukan tempat makan disetiap jalannya, hal tersebut merupakan potensi yang sangat luar biasa bagi Kota Pontianak. Namun masih banyak masyarakat belum mengetahui bahwa di Kota Pontianak mempunyai potensi yang besar di bidang kulinernya. Oleh karena itu diangkatlah perancangan destination branding untuk menanamkan pemahaman bahwa Kota Pontianak adalah sebagai kota kuliner.


Keywords


Perancangan destination branding, Pontianak, kuliner, Kalimantan Barat.

Full Text:

PDF

References


“Borneo Extravaganza Tingkatkan Citra Kalimantan”. Antara News 19 Oktober 2012. 15 November 2012 .

Badan Pusat Statistik. Sejarah Kota Pontianak. 30 Oktober, 2012, .

Chandra, Hadi. Marketing Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom, 2008.

EquatorNews. Pemkot Fasilitasi Sertifikasi Halah Seluruh Restoran. 6 September 2012. 15 November 2012, .

Indonesia. Direktorat Jendral Pariwisata Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya. Sadar Wisata untuk Masyarakat Umum. Jakarta: 1999.

Interbrand Group. Interbrand Glossary. New York: John Wiley, 2003.

Interbrand Group, Interbrand Glossary, 2003. 7 April 2009. .

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi 4.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Kasali, R.. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting, Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998.

Keller, Kevin Lane. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, New Jersey: Prentice Hall, 2003.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo, 1998.

Morgan, Nigel., Annette Pritchard and Roger Pride. Destination Branding. Creating The Unique Destination Proposition. Second edition. Burlington: Elseiver Butterworth-Heinemann, 2004.

Musanef. Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia. Jakarta : Gunung Agung, 1996.

“Penjelasan Brand”. Branding Promosi :Unsur Unsur Brand. n.d 28 Februari 2013. .

Purwono. Buku Materi Pokok: Dasar-dasar Dokumentasi. Jakarta: Universitas Terbuka. Modul 1, 2009.

Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Sarwono, J. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Scultz, Don E., Beth E. Barnes. Strategic Brand Communication Campaigns. Lincolnwoord, Illinois USA: a division of NTC/Contemporary Publishing Group.

Soekadijo, R. G. Anatomi Pariwisata. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum, 1996.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : CV.Alfabeta, 2007.

Surya, Daniel. Global Capabilities. Jakarta: Imago, 2003.

Trisnanto, Adhi. Cerdas Beriklan. Yogyakarta: Balag Press, 2008.

Temporal, Paul. Branding In Asia. Singapore: John Wiley & Sons, 2000.

Wiryawan, Mendiola. Kamus Brand. Jakarta: Red and White Publishing, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.