PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPROMOSIKAN ABON LELE KARMINA KEPADA MASYARAKAT

Nathania Santoso(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Abon Lele Karmina merupakan abon hasil dari olahan ikan lele produksi UKM Karmina yang terletak di
kampung lele Boyolali, Jawa Tengah. UKM Karmina merupakan UKM yang beranggotakan ibu-ibu kampung
wisata lele yang menggunakan sistem zero waste dalam proses pengolahannya, sehingga tidak menimbulkan
limbah produksi yang dapat mencemari lingkungan. Kandungan kalori pada abon lele terbukti lebih rendah
dibandingkan dengan abon olahan daging lain. Abon Lele Karmina yang diharapkan mampu menjadi oleh-oleh
khas Kampung Lele Boyolali, ternyata kurang dikenal di masyarakat luar Boyolali, sehingga dibutuhkan
perancangan komunikasi visual yang tepat untuk meningkatkan brand awareness pada Abon Lele Karmina.
Perancangan tersebut diharapkan mampu menyampaikan pesan komunikasi yang tepat bahwa Abon Lele
Karmina merupakan produk dari UMKM Karmina, oleh-oleh khas kampung wisata lele Boyolali yang memiliki
kandungan tinggi protein, omega 3, serta tanpa bahan pengawet.


Keywords


Abon Lele Karmina; komunikasi visual; brand awareness

Full Text:

PDF

References


Asri, Marwan. (2003). Marketing. Jakarta:

Erlangga.

Clifton, Rita. (2009). Brands and branding. (2nd

Ed.). London : Profile Book Ltd.

Ekspor Ikan Tinggi, Konsumsi Rendah. (2014,

6). Kominfo Retrieved 20

Oktober 2016 from

http://kominfo.jatimprov.go.id/read/laporanutama/

.

Karmina, Kelompok Wanita Mina Utama. (2010, 3

.Abon Lele Karmina.

Retrieved 15 Oktober 2016 from

http://abonlele-karmima.blogspot.co.id

Equity. Jakarta : Gramedia Pustaka

Klimchuk, Wiley. (2006). Packaging Design:

Succesful Product Branding from

Concept to Shelf. (2nd ed.). New York:

Sons Inc.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid

Pertama. Edisi Milenium.

(Trans. Hendra Teguh dan Ronny A.

Rusli, Trans). Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2014) Principles of

Marketing. (15th ed.). (Hendra Teguh &

Ronny A, Trans). Jakarta : Prenhallindo.

Tegalrejo, Kampung Lele Boyolali. (2016, 3

. KKP news Retrieved 19 Oktober

from

http://news.kkp.go.id/index.php//kampunglele-

boyolali-sentra-lele-di- jawa-tengah/.

Tingkat Konsumsi Ikan Warga Surabaya Masih

Rendah. (2016, 429). Antara

News Retrieved 19 Oktober 2016 from

:http://jatim.antaranews.com/lihat/berita/176

/tingkat-konsumsi-ikan-warga-surabayamasih-

rendah.

Wheeler, Alina. (2003). Public Health Branding. (4th

ed.). USA: John Wiley & Sons Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.