Representasi Product Placement Dalam Film “Habibie Dan Ainun”

Inneke Primalia(1*),


(1) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini sebagai upaya untuk mengetahui representasi product placement dalam film “Habibie dan Ainun” terhadap positioning dari produk-produk stealth marketing, di mana penempatan produk adalah dibuat seolah menyatu dengan scene film. Perbedaan konteks time frame antara produk dan scene di mana produk diletakkan berpotensi menciptakan ambiguitas persepsi penonton dan ini berpengaruh pada positioning produk.Penelitian ini menggunakan semiotika Barthes di mana pada tataran mitos atau ideologi dilakukan dengan memperbandingkan positioning produk tersebut sebagai upaya kritis mengkaji representasi produk stealth marketing-nya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi produk dalam scene dan ketidaksesuaian time frame–nya dapat memberikan pengaruh yang berbeda bagi positioning produk.


Keywords


Representasi, Product Placement, Film, Habibie dan Ainun, Stealth Marketing, Positioning, False Time Frame, Semiotika Barthes

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, Subandy.(1997). Lifestyle Ectasy: Kebudayaan Pop Dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.

Piliang, Yasraf Amir. “Posmodernisme dan Ekstasi Komunikasi.” MediaTor 2.2 (2001): 165-176.

Piliang, Yasraf Amir. (2003). Hipersemiotika, Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Habibie, Bacharudin J., (2010).Habibie dan Ainun. Jakarta: PT. THC Mandiri.

Day, Louis.(2003). Ethics in Media Communication: Cases and Controversies. Ohio: Wadsworth.

Hackley, C., & Tiwsakul, R. (2006), “Entertainment Marketing and Experiential Consumption.” Journal of Marketing Communications 12(1), 63–75.

Hirschman, E.C.(1997). “Why Media Matter-Toward a Richer Understanding of Consumers Relationships With Advertising and Mass Media”Journal of Advertising,26(1),43-60.

Karrh, J. A. (1998). “Brand placement: A review.” Journal of Current Issues and Research in Advertising, 20(2). 31-49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.