PERANCANGAN GAME APLIKASI BERBASIS SMARTPHONE TENTANG CERITA RAKYAT DEWI SANGGALANGIT BAGI ANAK USIA 5-7 TAHUN

Tan, Kevin Nathanael(1*), Cok Swendra Raka(2), Hen Dian Yudani(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia memiliki banyak sekali cerita rakyat. Akan tetapi belum banyak anak Indonesia yang mengetahui cerita-cerita rakyat tersebut, salah satunya cerita rakyat Dewi Sanggalangit. Cerita rakyat Dewi Sanggalangit memiliki pesan moral yang sangat bagus untuk pendidikan karakter seorang anak. Seiring berkembangnya zaman pula, media cetak yang biasanya digunakan untuk menyampaikan cerita rakyat mulai ditinggalkan. Banyak dari anak mulai menggunakan smartphone dalam mencari informasi dan bermain.

Oleh karena itu, perancangan ini menggunakan media interaktif berupa games di smartphone yang dapat diunduh. Diharapkan kedepannya, banyak anak Indonesia mulai mengenal cerita-cerita rakyat yang ada di Indonesia serta dapat mengerti dan menerapkan moral-moral yang terkandung di dalamnya. Perancangan ini dikemas dengan games dan gambar yang menarik untuk anak dapat berinteraksi sambil mengikuti jalan cerita.

Keywords


multimedia Interaktif, cerita rakyat, games, smartphone, anak-anak

Full Text:

PDF

References


Adeg. (n.d.). Jenis-Jenis Platform pada Smartphone. Retrieved from Carapedia: https://carapedia.com/berbagai_jenis_platform_pada_perangkat_mobile_info4197.html

Asril, S. (2015). Pixar Tertarik Garap Cerita Rakyat Indonesia Jadi Film Animasi. Retrieved Januari 20, 2016, from Kompas.com: http://entertainment.kompas.com/read/2015/11/02/233028610/Pixar.Tertarik.Garap.Cerita.Rakyat.Indonesia.Jadi.Film.Animasi

El-Idhami, D. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Jose, A. (2015, September 20). 2015, Pengguna Smartphone di Indonesia Capai 55 Juta. Retrieved from techno.okezone.com: http://techno.okezone.com/read/2015/09/19/57/1217340/2015-pengguna-smartphone-di-indonesia-capai-55-juta

Setyawan, D. (1992). Cerita Rakyat Dari Jawa Timur. Jakarta: Grasindo.

Priyatmoko, H. (n.d.). Pesan Folklor. Retrieved from Tempo: http://tempo.co/read/kolom/2014/01/21/1061/Pesan-Folklor

Bascom, W. (1965). The Journal of American Folklore.

Danandjaja, J. (1994). Folklor Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Graffiti.

Nugroho, A. T. (n.d.). Pengertian & Jenis-Jenis Game. Retrieved from https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/

Adeg. (n.d.). Jenis-Jenis Platform pada Smartphone. Retrieved from Carapedia: https://carapedia.com/berbagai_jenis_platform_pada_perangkat_mobile_info4197.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.