PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR LEGENDA SITU BAGENDIT DARI JAWA BARAT SEBAGAI SALAH SATU SARANA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA 4-7 TAHUN

Juanita Gunawan(1*), Hartono Karnadi(2), Luri Renaningtyas(3),


(1) UK Petra
(2) ISI Yogyakarta
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin maju membuat orang tua lupa mengajarkan rasa saling berbagi pada anak, rasa berbagi pada anak dapat di tumbuhkan melalui media-media yang dapat menunjang seperti buku. Metode perancangan yang digunakan pada perancangan ini adalah metode 5W+1H.  Perancangan buku cerita bergambar ini bertujuan sebagai sarana untuk mengajarkan rasa saling berbagi kepada anak dan untuk memberikan pengetahuan terbentuknya danau Situ Bagendit ini. Buku cerita Legenda Danau Situ Bagendit ini divisualisasikan dengan menggunakan fotografi, digital imaging, dan ilustrasi dengan karakter yang di buat dengan bobble head sebagai alternatif ilustrasi untuk menarik  minat anak. Perancangan buku cerita Legenda Situ Bagendit ini, dapat mengajarkan pentingnya rasanya saling berbagi pada anak.

Keywords


Pendidikan Karakter ,Cerita Bergambar, Situ Bagendit, Digital Imaging,booble head.

Full Text:

PDF

References


Ashari, S. (n.d.). Pendidikan karakter melalui tradisi mendongeng. Retrieved February 11, 2016, http://www.ipapedia.web.id/2015/11/pendidikan- karakter-melalui-tradisi-mendongeng.html?m=0

Baran, S. J. (2012). Pengantar Kmunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Category pilar-pilar pendidikan karakter. (2012, april 9). Retrieved February 11, 2012, from pndkarakter: https://pndkarakter.wordpress.com/category/pilar- pilar-pendidikan-karakter/

Dharmawan, B. (2012). Belajar fotografi dengan kamera DSLR. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Effendy, Y. (2013). Tinjauan literatur tentang cerita bergambar. Perancangan buku cerita bergambar Dang Gedunai untuk anak usia 4-6 Tahun , 12.

Gani, H. (2014). Digital Imaging. Perancangan buku mengenai stay at home dad, dengan teknik digital imaging , 31-32.

Hana, J. (2011). Terapi Kecerdasan Anak dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media.

Hariyanto. (2012, december 12). Pengertian pendidikan karakter. Retrieved february 11, 2016, http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan- karakter/

Isyhad, K. A. (2012, April 18). kinomediawriter.co.id. Retrieved Maret 21, 2014, from http://kinomediawriter.co.id/sejarah-buku-dan- penerbitan/: http://kinomediawriter.co.id/sejarah- buku-dan-penerbitan/

Mareis, C. (2007). Illusive - Contemporary Illustration and its Context. Germany: Offsetdruckerei Grammlich, Pliezhausen.

Mikarsa, H. L. (2004). Dongeng dan buku bacaan sebagai sumber informasi wawasan ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Ndraha, R. (2009). Mendisiplinkan Anak Dengan Cerita. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Oxford Advanced Learner's Dictionary Of Current English. (2005). New York: Oxford University Press.

S, M. (2012, February 25). pengertian ciri dan macam legenda. Retrieved February 27, 2016, from ssbelajar.net: www.ssbelajar.net

Pengertian ciri dan macam legenda. S, M. (2012, February 25). Retrieved February 27, 2016, from ssbelajar: www.ssbelajar.net

Santrock, J. W. (1995). Life-Span Development. In J. W. Santrock, Life-Span Development. Jakarta: Erlangga.

Setiawan, A. (2013, December 23). Keterampilan Membaca Mengunakan Media Buku Bergamabar. Retrieved February 11, 2016, from slideshare: http://www.slideshare.net/agussetiawan75/keterampi lan-membaca-mengunakan-media-buku- bergamabar-setiawan

Soetjiningsih, C. H. (2012). Perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Jakarta: Prenada.

Sudirgo, J. P. (2014). Tinjauan Ilustrasi. Perancangan buku ilustrasi pengetahuan mengenai kanker servik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.