Perancangan Komunikasi Visual Layanan Darurat Call Center 110 Polri di Surabaya

Stefani .(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) UK PETRA
(2) UK.Petra
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Call Center 110 merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh Polri yang bekerja sama dengan PT Telkom untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan keamanan darurat. Namun, karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Polri menyebabkan Call Center 110 kurang dikenal oleh masyarakat. Padahal Call Center 110 ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat dalam menghadapi keadaan darurat khususnya masyarakat kota besar, salah satunya kota Surabaya. Oleh sebab itu, untuk memberikan awareness Call Center 110 di benak masyarakat dibutuhkan sebuah perancangan komunikasi visual yang efektif, komunikatif dan efisien sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak sasaran. Dengan adanya perancangan komunikasi visual ini diharapkan menjadikan Call Center 110 lebih dikenal di masyarakat sebagai bentuk layanan ketika menghadapi keadaan darurat.

 


Keywords


komunikasi visual; layanan darurat; polisi; call center

Full Text:

PDF

References


Amriel, Reza Indragiri. Nomor Darurat 110 dan Kepercayaan Publik. Kriminalitas.com. Diunduh 16 Februari 2016 dari http://kriminalitas.com/

Baldwin, Jonathan dan Lucienne Roberts. Visual Communication from Theory to Practice. Case Postale: AVA Publishing SA, 2006.

Hembree, Ryan. The Complete Graphic Designer. Amerika Serikat: Rockport Publishers, 2008.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. (n.d.). Diunduh 20 Februari 2016 dari http://kbbi.web.id/

Kepolisian Negara Republik Indonesia. (n.d.). Diunduh 20 Februari 2016 dari https://www.polri.go.id/

Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

Pemerintah Kota Surabaya. (n.d.). Diunduh 20 Februari 2016 dari http://www.surabaya.go.id/

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2014 Tentang Layanan Polisi 110. 2014.

Perwata_Yogya. 911 VS Nomor Darurat Indonesia. Diunduh 26 Februari 2016 dari http://pewartayogya.com/911-vs-nomor-darurat-indonesia/

Sarwono, Jonathan dan Hari Lubis. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

Sissors, Jack Z. dan Roger B. Baron. Advertising Media Planning. The McGraw-Hill Companies, Inc., 2010.

Syarif, Helmi. Jarang Ditelepon, Call Center 110 Kurang Efektif. Sindo News Metro. Diunduh 26 Maret 2016 dari http://metro.sindonews.com/

Zainuddin. Waspada! Penjahat Dengan Modus Kecelakaan Beraksi di Surabaya, Kali Ini Korbannya Apoteker. Tribun News Surabaya. Diunduh 11 Maret 2016 dari http://surabaya.tribunnews.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.