PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG FENOMENA BUDAYA KONSUMTIF PADA REMAJA

Ricky Putra Wijaya(1*), Ani Wijayanti Suhartono(2), Alvin Raditya Sutopo(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Adapun pada tugas akhir ini penulis membuat sebuah perancangan iklan layanan masyarakat  bertema stop wasting start saving sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian para remaja terhadap kejadian disekitar mereka saait ini. Perancangan ini menuntut kejelian terhadap kondisi masyarakat remaja saat ini dan diharapkan mampu menghasilkan sebuah karya desain yang unik seta menarik terutama di dalam lingkup Iklan Layanan Masyarakat. Ide kreatif dari iklan layanan masyarakat ini adalah tidak semua hal besar itu bisa membuat bahagia dan tidak semua hal kecil itu tidak bisa membuat kita bahagia. Dengan pendekatan ide kreatif ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran para remaja sekarang tentang budaya konsumtif yang sudah mulai berkembang dengan cepat.

Keywords


Remaja; sifat konsumtif; trend masa kini

Full Text:

PDF

References


Ahmad Charris Zubair. Tinjuan Moral dan Kultural terhadap Hedonisme di Kalangan Generasi Muda. 2005.

Ali, M dan Asrori, M. (2004). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik

Bertrand Russell, Sejarah Filsafat Barat. 2002.

Burgin, Burhan, Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckman.

Dendy Triadi dan Addy Sukma Bharata, Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori dan Praktek Iklan Media Lini Bawah. 2010.

Erik H. Erikson. (1993). Childhood and Society.

Frans Magnes Suseno. 13 Tokoh Etika sejak Zaman Yunani sampai Abad ke-19. 1997 .

Franz Magnes Suseno, Etika Dasar : Masalah – masalah Pokok Filsafat Moral. 1997.

Harun Hadiwijono, Sari Sejarah Filsafat Barat 1, (Yogyakarta: Kanisius, 1980), hlm 54. H. De Vos, Pengatar Etika. 2002.

Jeremy Bentham, The Principles of Morals and Legislation. 1998.

K.

Bertens, Etika, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002), hlm. 236.

Khasali, Rhenald. Manajemen Periklanan; Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. 1992.

Poespoprodjo, Filsafat Moral. 1999.

Prince Kropotkin, Ethics Origin and Development, (London: Goerge G. Harrap & Co. LTD,), hlm. 103.

R. Suntralingam, Pengenalan Kepada Sejarah, Merican and Sons.,Sdn. Bhd., Kuala Lumpur. 1985.

Robert Audi, The Cambridge Dictionary of Philosophy. 1999.

Supriyono, Rakhmat, Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. 2010.

Wells, William, John Burnett, and Sandra Moriarty. Advertising Principles & Practice 5th edition. New Jersey : Prentice Hall, 2000.

Widyatama, Rendra, Pengantar Periklanan. 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.