ANALISIS VISUALISASI IKLAN TELEVISI XL PRIORITAS VERSI "RE-IMAGINED"

Capriandy Dibyawira Wiyadi(1*), Petrus Gogor Bangsa(2), Aniendya Christianna(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran perempuan dalam sebuah iklan selalu terikat dengan stereotip bahwa keberadaan perempuan hanya sebagai pelengkap dan penarik perhatian dari konsumen. Dalam iklan XL Prioritas versi “Re-imagined”, perempuan muncul sebagai subjek dengan kebebasan yang tergambar melalui tagline produk XL yaitu “worry-free, in control, prioritised”. Dalam penelitian ini, semiologi Roland Barthes digunakan untuk memaknai kode-kode yang mengarah pada pesan tersembunyi dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di balik sosok perempuan yang ditampilkan sebagai subjek di luar dari stereotip yang telah ada ternyata terdapat kode-kode yang memposisikan perempuan kembali sebagai objek dalam iklan. Perempuan kembali “tertindas” sebagai sang liyan dengan dominasi simbolik budaya patriarki.


Keywords


Periklanan, perempuan, semiologi, dominasi simbolik

References


Baker, Linsay. (2016, Februari 22). Where does The Red Carpet Come From?. Retrieved from http://www.bbc.com/culture/story/20160222-where-does-the-red-carpet-come-from

Beautiful by Choice. (2008, April 2012). Retrieved Mei 1, 2016, from http://thebeautifulchoice.blogspot.co.id/2012/04/elegant-twist-french-twist-hairstyle.html

Bourdieu, Pierre. (2010). Dominasi Maskulin. (Stephanus Aswar Herwinarko, Trans.). (Dwi Margo Yuwono & Sistha Pavitrasari, Eds.). Yogyakarta: Jalasutra.

Cumming, Valerie, Cunnington, C. W., & Cunnington, P. E. (2010). The Dictionary of Fashion History. New York: Berg.

Empower Yourself with Color Phsychology. (n.d). Retrieved Mei 3, 2016 from http://www.empower-yourself-with-color-psychology.com/color-black.html

Empower Yourself with Color Phsychology. (n.d). Retrieved Mei 3, 2016 from http://www.empower-yourself-with-color-psychology.com/ color-gold.html

Hamilton, Colin. (2008). Cognition and Sex Differences. New York: Palgrave Macmillan.

Ollenburger, C. J. & Moore, A. H. (2002). Sosiologi Wanita. (Budi Sucahyono & Yan Sumaryana, Trans.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riyanto, Armada. (2011). Aku dan Liyan: Kata Filsafat dan Sayap. Malang: Widya Sasana Publication.

Rose, Gillian. (2012). Visual Methodologies: An Introduction to Researching with Visual Materials. London: SAGE Publications.

Rosemarie, Putnam Tong. (2004). Feminis Thought. (Aquarini Priyatna, Trans.). Yogyakarta: Jalasutra.

Rusmana, Dadan. (2014). Filsafat Semiotika: Paradigma, Teori, dan Metode Interpretasi Tanda dari Semiotika Struktural hingga Dekonstruksi Praktis. Bandung: Pustaka Setia.

Siregar, A., Pasaribu, R., & Prishatuti, I. (Eds.). (2000). Eksplorasi Gender di Ranah Jurnalisme dan Hiburan. Yogyakarta: LP3Y dan Ford Foundation.

Sobur, Alex. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wicandra, O. B. (2015). Pierre Bourdieu. Paper presented at lecture for Sosiologi Seni, Universitas Kristen Petra.

Wilson, K. M. (n.d). What is The Meaning of Each Finger for Rings?. Retreived from http://jewelry.lovetoknow.com/What_Is_the_Meaning_of_Each_Finger_for_Rings


Refbacks

  • There are currently no refbacks.