REPRESENTASI GAYA HIDUP MEWAH DALAM IKLAN TELEVISI ES KRIM MAGNUM VERSI “MAGNUM CLASSIC”

Ivan Kristianto Gunawan(1*), Wibowo Wibowo(2), Rika Febriani(3),


(1) UK Petra
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak cara dilakukan pembuat iklan produk untuk menarik pembeli. Setiap iklan menampilkan keunikkan dan keunggulan produknya masing-masing. Salah satu iklan yang menarik untuk diteliti adalah iklan Es Krim Magnum. Pada tahun 2010 Walls mengeluarkan iklan yang berjudul “Magnum Classic”. Iklan ini banyak menarik pembeli. Hal ini bisa dilihat dari penjualannya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Setelah dilakukan analisa semiotika terhadap visual iklan tersebut, ditemukan bahwa iklan tersebut menggambarkan suasana masyarakat perkotaan pada masa kini yang sangat sibuk dan memiliki sedikit waktu luang untuk bersenang-senang. Melaui iklan ini Es Krim Magnum menunjukkan keunggulannya, yaitu menikmati kesenangan dalam waktu yang singkat. Kesenangan yang ditampilkan yaitu dalam bentuk sensasi gaya hidup mewah, seperti kaum bangsawan Eropa abad 18.


Keywords


Representasi, gaya hidup, iklan

Full Text:

PDF

References


Akmal, Imelda. Menata Apartemen. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Burton, Graeme. Yang Tersembunyi di Balik Media. Yogyakarta: Jalasutra, 2008.

Chrisp, Peter. A History of Fashion and Costume the Victorian Age. Woodlands:Bailey Publishing Associates, 2005.

Morris, Desmond. Bodytalk A World Guide to Gestur. Michigan: Crown Trade Paperbacks, 1994.

Piliang, Yasraf Amir. Sebuah Dunia yang Dilipat. Bandung: Mizan, 1998.

Prawito. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS, 2007.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Widyatama, Rendra. Bias Gender dalam Iklan Televisi. Yogyakarta: Media Pressindo, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.