Perancangan Destination Branding Wisata Alam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

IGNATIA GISELA BARATA(1*), ANDRIAN DEKTISA HAGIJANTO(2), BERNADETTE DIAN ARINI MAER(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia memiliki keunggulan dalam pariwisata, salah satunya adalah wisata yang mengandalkan potensi alamnya. Potensi alam tersebut hampir dimiliki setiap wilayah yang ada di Indonesia dengan segala keunikannya. Salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata alam terdapat di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perencanaan yang strategis terkait hal tersebut dengan strategi destination branding. Brand ini harus memiliki faktor pembeda yang sangat penting dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki wisata alam sejenis. Perancangan Destination Branding Wisata Alam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah bertujuan untuk dapat menentukan media komunikasi visual yang informatif dan komunikatif, sehingga dapat menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi objek wisata alam yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Keywords


Wisata Alam, Kabupaten Karanganyar, Destination Branding, Brand.

Full Text:

PDF

References


“Anggaran Promosi Karanganyar Naik 200%”. 2014. 9 Oktober 2014.

Alfiani, Devi. (2011). Perancangan Destination Branding Daerah Wisata Dataran Tinggi Dieng. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

“Geografi Kabupaten Karanganyar”. 2011. 9 Oktober 2014.

Indonesia. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Implementasi dan Implikasi Kelembagaan Pemasaran Pariwisata yang Bertanggungjawab (Responsible Tourism Marketing). Jakarta: Author, 2011.

Kartajaya, Hermawan. On brand. Jakarta: PT.Mizan Pustaka. 2004.

Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pusat Antar Universitas Bidang Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia (PAU-EKONOMI-UI), 1992.

Marzuki. Metodologi Riset. Yogyakarta, 1977.

“Pariwisata Alam & Agro Kabupaten Karanganyar”. 2011. 9 Oktober 2014.

“Pariwisata di Indonesia”. 2014. 9 Oktober 2014.

“Penataan Pariwisata Karanganyar Tak Maksimal”.2015.4 Februari 2015. Pitana, I Gde, dan Putu G. Gayatri. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: ANDI, 2005.

Setiawan, Grace Gideony. Perancangan Promosi Pulau Siladen Sulawesi Utara. (TA 00021807/DKV/2011). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Suharto, Frans. Perencanaan Media Periklanan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Komunikasi Pemasaran, 1997.

Vera, Made K.D. Perancangan Promosi Kabupaten Buleleng Sebagai Tujuan Wisata Eco dan Argitourism. (TA 00110861/DKV/2006). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2006.

Wiryawan, Mendiola Budi. Kamus Brand A-Z. Jakarta: Red & White Pub, 2008.

Yananda, M. Rahmat dan Ummi Salamah. Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta: Makna Informasi, 2014. Yuliana, Eka. (2010). Perencanaan Strategis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar dalam Pengembangan Pariwisata. Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.