PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PRODUK INOVASI OLAHAN MAKANAN SEMANGGI BESERTA MEDIA PROMOSI

Wahyu Chrisvian Erga Hendianto(1*), Listia Natadjaja(2), Elisabeth Christine Yuwono(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Semanggi merupakan makanan khas Surabaya yang keberadaannya saat ini bisa dikatakan
jarang ditemui hal itu terlihat dari, semakin berkurangnya populasi penjual makanan semanggi pada
saat ini salah satu penyebabnya adalah adanya persaingan yang keras dalam dunia makanan modern
saat ini. Masyarakat yang berdomisili di kota Surabaya merupakan orang – orang yang harusnya juga
bertanggung jawab untuk melestarikan warisan budaya kota Surabaya dalam bidang kuliner ini, kuliner
tidak bisa dianggap remeh karena dengan kuliner saja bisa menarik perhatian pengunjung dari luar kota
untuk datang berkunjung di kota Surabaya. Masyarakat yang berdomisili di Surabaya merupakan
masyarakat modern yang perlu diingatkan kembali dengan keberadaan makanan tradisional khususnya
semanggi.Semakin berkembangnya makanan yang ada di kota Surabaya ini kita tidak hanya
membutuhkan makanan yang enak dan menarik saja namun kita juga perlu makanan yang sehat pula.
Tujuan dan harapan dengan adanya Inovasi makanan olahan semanggi adalah, semakin terbukanya
kesempatan untuk sayur semanggi ini kembali eksis dalam dunia kuliner, karena didalam sayur
semanggi ini terdapat kandungan gizi, vitamin dan manfaat yang tidak kalah dengan sayur lainnya.Dan
juga menciptakan makanan yang tidak hanya enak namun juga menjadi makanan yang sehat karena
didalam nuggets dan spring roll tidak hanya terdapat daging ayam saja, namun juga terkandung gizi
dan vitamin dari sayuran semanggi.Dengan adanya inovasi makanan olahan semanggi ini masyarakat
khususnya pada anak yang tidak gemar untuk mengkonsumsi sayuran bisa tertarik dan mau
mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung unsur sayuran didalamnnya. Obesrvasi Merupakan
metode pencarian data dengan cara berhubungan dan melakukan transaksi secara langsung dengan
petani semanggi. Kemudian melakukan interview atau wawancara kepada orang tua anak untuk
mencari informasi tindakan apa yang diambil untuk mengatisipasi jika anak mereka tidak meminati
mengkonsumsi sayuran padahal pada masa pertumbuhannya anak sangat memerlukan asupan gisi dari
sayuran. Metode pencarian data dengan cara mencari data berupa foto dan gambar yang berhubungan
dengan tema dan judul. Sehingga saya mencari data melalui artikel dan buku yang ada. Metode
pengumpulan data dengan cara pencarian data menggunakan pencarian gambar dan foto, disini saya
melakukan kamera untuk pencarian data berupa gambar.Internet merupakan jaringan terbesar dalam
hal penggalian data dengan menggunakan internet saya memperoleh data artikel dan juga gambar
sehingga membantu penulis dalam proses pengumpulan data dalam perancangan Tugas Akhir.


Keywords


Media promosi, Sayur Semanggi, Anak kurang makan sayur, Inovasi Makanan sehat, anak-anak

Full Text:

PDF

References


Sela, Septian. (2013). Daun Semanggi dan

Manfaatnya. Diunduh tahun 2015 dari

http://selaseptian020.blogspot.com/2013/05/da

un-semanggi-dan-manfaatnya.html.

Wilda, Zanel Farha. (2014). Duh! 93 persen

anak – anak di Indonesia kurang makan sayur

dan buah. Diunduh tahun 2015 dari

http://health.detik.com/read/2014/02/27/14455

/2510307/1301/duh-93-persen-anak-anak-diindonesia-

kurang-makan-sayur-dan-buah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.