Perancangan Media Bantu Pembelajaran Interaktif untuk Miracle Music Learning Center di Surabaya

Felecia Yeremia Sudargo(1*), Listia Natadjaja(2), Erandaru Erandaru(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berawal dari suatu problema klasik di dalam sistem pendidikan anak di Indonesia yang menggunakan metode
pembelajaran yang masih konvensional. Seiring perkembangan zaman yang semakin cepat, membuat orang tua
sangat ingin mengutamakan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka. Pendidikan pada anak disadari
orang tua bukan hanya dapat dipelajari di sekolah namun dapat juga didapat dari pendidikan di samping
pendidikan sekolah yang salah satunya adalah pendidikan musik. Pendidikan musik di Indonesia yang masih
konvensional antara lain dengan metode ceramah dan cara belajar melalui buku musik saja mendasari
Perancangan Media Bantu Pembelajaran Interaktif untuk Miracle Music Learning Center ini. Tujuan dari
perancangan ini adalah merancang media bantu interaktif berbasis multimedia untuk Miracle Music Learning
Center dan metode yang digunakan adalah metode observasi, studi pustaka, wawancara, kuesioner, internet, dan
dokumentasi data. Media pembelajaran ini akan memberikan warna baru bagi dunia pendidikan musik karena
menggunakan teknologi applikasi yang bisa diunduh lewat segala jenis gadget masing-masing pengguna.
Perancangan ini difokuskan pada kemampuan sight reading pada piano dan teori piano sederhana dengan bahasa
pengantar Bahasa Inggris yang dikemas dengan permainan edukatif full color yang menarik dan lucu agar minat
anak-anak untuk mempelajari alat musik piano menjadi lebih meningkat dan menyenangkan.


Keywords


Media interaktif, musik, piano, permainan edukatif, anak-anak.

Full Text:

PDF

References


Djohar, Arifin. (2007). Membedah Pendidikan

Alternatif di Indonesia dalam Kurikulum yang

mencerdaskan visi 2030 dan pendidikan Alternatif.

Jakarta: Penerbit buku Kompas.

Driscoll, M.P. (2000). Psychology of Learning for

Instruction 2nd ed. Needham Heights, MA: Allyn &

Bacon.

Gardner, Howard. (2011). Frames of Mind : The

Theory of Multiple Intelligences. Canada: Basic Book.

Henry, Samuel. (2010). Cerdas dengan Game:

Panduan Praktis bagi Orang Tua dalam

Mendampingi Anak bermain Game. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Moursound, D. (2006). Introduction to Using Games

in Education: A Guide for Teachers and Parents.

Eugene, OR: Author.

“Mengenal Lebih Jauh Multimedia Pembelajaran

Secara Teoritis”. 5 Maret 2010.

jauh-multimedia-pembelajaran-secarateoritis/#

more-1168>

“Peran Musik Bagi Perkembangan Anak”.

Kompas.com. 22 Februari 2010.

>

“Ponsel Cerdas”. Wikipedia Ensiklopedia Bebas. 1

Desember 2014.

Wright, Craig. (2010). Listening to Music 6th ed.

Chicago: Cengage Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.