Perancangan Komunikasi Visual Promosi Merchandise dengan Merek Ingenious Project

Grace Veronica Sompie(1*), Budi Prasetyadi(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Keunikan dan ciri khas Ingenious Project merupakan salah satu kunci keberhasilannya dalam berbisnis online, khususnya pada bidang merchandise berbasis ilustrasi. Terobosan unik dalam hal promosi perlu dilakukan Ingenious Project secara berkelanjutan demi pencapaian visinya, dengan tujuan meningkatkan dan memfokuskan brand awareness-nya di mata kaum muda perkotaan di Indonesia, sekaligus mengajak mereka menggemari karya kontemporer yang terwujud di dalam produk-produk Ingenious Project. Karenanya, dibuatlah sebuah rangkaian promosi yang tepat dan kreatif untuk Ingenious Project, yang memuat pemilihan media yang digunakan, penayangan jadwal kampanye periklanan beserta perhitungan dana yang dikeluarkan, hingga proses perancangan kreatifnya.


Keywords


Promosi, Ilustrasi, Merchandise, Toko Online, Ingenious Project, Brand Awareness.

Full Text:

PDF

References


Ardhi, Yudha. (2013). Merancang Media Promosi U-nik dan Menarik. Yogyakarta: PT Macananjaya Cemerlang.

Artesi. (2010). “Ilustrasi Digital”. 6 Maret 2014. http://artesti.wordpress.com/2010/03/29/fotografi/

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

”Continued On” Narration Box In DC’s Superman Comic”. I Speak Comics. 2011. 20 Maret 2014.

http://ispeakcomics.wordpress.com/2011/03/20/%E2%80%9Ccontinued-on%E2%80%9D-narration-box-in-dc%E2%80%99s-superman-comic/

Dewi, Erlinda Metta. (2014). “Review 3: Graphics (I-mage)”. Erlinda Metta Dewi. 2012. Universitas Airlangga. 17 Maret 2014.

Endarmoko, Eko. (2007). Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Forbes. (2014). “Will Tintin Save France’s AAA?”. LLC. 10 Maret 2014. http://www.forbes.com/sites/pierredelage/2011/11/10/will-tintin-save-frances-aaa/

“Four Owls”. Vector4Free.com. 2008-2014. 6 Maret 2014.

http://media.vector4free.com/normal/029_owls_tmb_big.jpg

Galadhriela, Olga. “Chiaroscuro”. Galadhriela. 2013-2014. deviantART. 5 Maret 2014. http://galadhriela.deviantart.com/art/Chiaroscuro-3818

Gill, Martha. (2000). Color Harmony Pastels. United States: Rockport Publisher.

Hartoko, Alfa. (2010). Desain Merchandise Pilihan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hibert, Oliver. (2011). “Analog Color Test Study”. @oliverhibert. Webstagram. 17 Maret 2014.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pus-taka Utama Grafiti.

Kennedy, John E. & R. D. Soemanagara. (2006). Mar-keting Communication. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Po-puler.

Kimianto, Eko. (2008). “Perahu Karya Pelukis Zaini”. 15 Maret 2014.

http://artkimianto.blogspot.com/2009/12/perahu-kar-ya-pelukis-zaini.html

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium 1. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kusdinar, Diddo. (2009). “Teori Warna”. 24 Novem-ber 2009. http://daccent.wordpress.com/2009/11/

Kusmiati R., Artini, Sri Pudjiastuti, Pamudji Suptandar. (1999). Teori Dasar Disain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Laily, Isma Sofi. (2011). “Anime-Anime Jepang”. 2 Maret 2014.

http://ismasofilaily.blogspot.com/2011/07/anime-ani-me-jepang.html

Moekijat. (1990). Kamus Manajemen. Bandung: Man-dar Maju.

Moeliono, Pranata. “Masa Depan Buku dan Dunia Perbukuan”. Matabaca 5: 7 (Maret 2007): 15-16.

ORACLE Think Quest. “Styles of Art”. Education Foundation. 27 Maret 2014. http://library.thinkquest.org/J001159/artstyle.htm/

Ouw, Fransisca. “I’m Your Mommy: May Rainbow Be With You”. Fransisca Ouw. 2006-2014. Behance. 18 Maret 2014.

https://www.behance.net/gallery/Im-Your-Mom-my/11020427

Permana, Isa Indra. (2014). “Get Influence”. Isa Panic Monsta. Facebook. 9 Maret 2014. https://.facebook.com/photo.php?fbid=238814436180058&set=pb.238780272850141.2207520000.1394520466.&type=3&src=https%3A%2F%2Ffbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net%2Fhphotos-ak-frc1%2Ft1%2F3088

_238814436180058_1013236636_n.jpg&size=621%2C800>

Poerwadarminta, WJS. (2001). Kamus Lengkap Baha-sa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher.

“Promosi”. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kre-atif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Commu-nication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rasyid, Wedha Abdul. (2008). “Wedha’s Pop Art Por-trait”. Desain Grafis Indonesia. 18 Maret 2014.

http://dgi-indonesia.com/wedhas-pop-art-portrait/

Santosa, Sigit. (2009). Creative Advertising. Jakarta: Gramedia.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirmana: Elemen-e-lemen Seni dan Desain. Edisi 2. Yogyakarta: Jalasutra.

Saputra, I Made Wirya. (2009). “USP Untuk Meme-nangkan Persaingan. 9 Maret 2014. http://wiryasaputra.blogspot.com/2009/06/unique-sell-ing-proposition-usp-untuk.html

Sarwono, J., Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk De-sain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Sky, Sapphire. “Manhua: Blood And Steel”. Ancient Chinese. 2010-2014. 28 Maret 2014. http://ancientchinese.net/index.php?topic=700.0

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar: Riset Pema-saran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis untuk Per-iklanan. Yogyakarta.

Teo, Kelvin. (2013). “Life’s Lessons From A Piece Of Art”. The Kent Ridge Common. The National Uni-versity Of Singapore. 28 Oktober 2009.

http://kentridgecommon.com/?p=5646

Walayndra. (2010). “Tentang CMYK”. 3 Maret 2014.

http://walayndra.wordpress.com/2010/05/03/tentang-cmyk/

Wisnu, Anindito. (2011). “Here We Go @raisa6690”. @aninditowisnu. 12 Maret 2014.

http://web.stagram.com/p/601759690044973977_42709583

Zacky, Asnar. (2004). Satuan Acara Pembelajaran Perkuliahan dan Modul Pembelajaran: Ilustrasi 1. Ju-rusan Desain Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indone-sia. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.