PERANCANGAN GAUN REKAYASA UNTUK SASARAN PASAR INDUSTRI HIBURAN

Regina Kezia Candela(1*), Luri Renaningtyas(2), Evania Yessica(3),


(1) DESAIN FASHION DAN TEKSTIL UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri hiburan yang terus berkembang dan mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia menimbulkan peningkatan kebutuhan akan publik figur. Salah satu kebutuhan esensial bagi mereka adalah pakaian untuk penampilan mereka. Semakin eksklusif dan kreatif desain busana yang dipilih, semakin menonjol pula kehadiran publik figur tersebut di kancah publik. Namun, kecenderungan untuk memesan busana baru (custom) untuk setiap kesempatan mengakibatkan penumpukan pakaian yang sudah jarang dipakai. Oleh karena itu, melalui tugas ini, penulis ingin menciptakan suatu inovasi gaun dengan konsep gaun rekayasa yang unik dan elegan. Koleksi juga dilengkapi dengan sarung tangan sebagai hiasan yang dapat menampilkan dua tampilan desain pula. Beberapa bagian busana dapat dilepas-pasang sehingga menghasilkan dua variasi desain yang berbeda. Desain busana ini dikembangkan dengan tujuan mengurangi penumpukan pakaian lama yang terabaikan serta meningkatkan jangka waktu penggunaan produk. Fokus utama perancangan pada tugas akhir ini adalah busana couture dan bukan ready-to-wear dengan bahan dasar medium-to-high. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking yang meliputi enam tahapan, mulai dari tahap understand hingga tahap test. Hasil akhir berupa tiga koleksi dengan konsep gaun rekayasa yang dirancang dengan unik dan elegan.


Keywords


Couture; Gaun Rekayasa; Transformable

Full Text:

PDF

References


Yuwono, C & Yunita, M. (2018). Perancangan Koleksi Pakaian Wanita yang Memberikan Ruang Gerak dan Kenyamanan untuk Brand Catherine Yuwono. Jurnal Vicidi. Diakses dari https://journal.uc.ac.id/index.php/vicidi/article/view/1147


Refbacks

  • There are currently no refbacks.