PERANCANGAN GAME INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE TENTANG SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

Samuel Kenley Worang(1*), Erandaru Erandaru(2), Jacky Cahyadi(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejarah adalah salah satu mata pelajaran sekolah yang sering dianggap membosankan bagi siswa karena terlalu banyak materi yang harus dihafalkan. Dengan berkembangnya zaman, sejarah menjadi semakin tidak relevan dengan anak muda karena mereka hidup pada zaman yang berbeda. Padahal, sejarah adalah salah satu aspek yang penting bagi keberlangsungan suatu bangsa dan negara. Melalui sejarah itulah identitas dan karakteristik bangsa terbentuk dan dilestarikan. Oleh karena itu, perancangan permainan interaktif ini dibuat agar anak muda dapat mempelajari sejarah dengan cara dan pendekatan yang lebih relevan dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan membahas data tentang pembelajaran sejarah proklamasi dan gamifikasi.

Keywords


sejarah; game interaktif; anak muda; gamifikasi; belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, H., Purwandi, L., Nugroho, H., dkk. (2020). Indonesia Gen Z and Millennial Report 2020: The Battle of Our Generation. Jakarta: Alvara Research Center.

Bowers, M. (n.d.). Level Up: A Guide to Game UI (with Infographic). https://www.toptal.com/designers/gui/game-ui

Chou, Y. K. (2019). Actionable Gamification: Beyond Points, Badges, and Leaderboards. Packt Publishing.

Gunawan, R. (2012). Nasionalisme Pemuda Dalam Perubahan Sosial. Disampaikan dalam Social Movement in Historical Perspective. FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia, pp. 171-184.

Kasmadi, H. (1996). Model-Model Dalam Pengajaran Sejarah. IKIP Semarang Press.

Rinardi, H. (2017). Proklamasi 17 Agustus 1945: Revolusi Politik Bangsa Indonesia. Jurnal Sejarah Citra Lekha, II(1), 143-150.

Soekarno. (1965). Dibawah Bendera Revolusi Jilid 2 (Revision 2019 ed.). Yogyakarta: Yayasan Bung Karno.

Warto. (2017, September 20). Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda. http://pendidikan-sejarah.fis.uny.ac.id/sites/pendidikan-sejarah.fis.uny.ac.id/files/KESADARAN%20SEJARAH%20GENERASI%20%20MUDA.pdf

Zuhdi, S. (2014). Sejarah Perjuangan Bangsa Sebagai Modalitas Memperkuat Pertahanan Negara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, IV(1), 33-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.