PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENABUNG BAGI ANAK USIA 7-10 TAHUN

Thalia Wijaya(1*), Bing Bedjo Tanudjaja(2), Daniel Kurniawan(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini dibuat dengan mendasari bahwa terpenuhi semua keinginan anak-anak oleh orang tua dapat membuat anak-anak tidak tahu mengenai cara mengelola keuangan. Tidak hanya itu, anak-anak juga tidak tahu bagaimana cara mendapatkan dan mengumpulkan uang atau menabung. Kurangnya edukasi yang diberikan orang tua kepada anak dapat menjadi salah satu penyebab lainnya. Sehingga anak-anak menjadi temperamen, susah diatur, tidak tahu batasan dalam menggunakan uang, dan hanya sebatas tahu tidak mengetahui proses yang dilalui. Solusi yang dilakukan yaitu dengan membuat buku interaktif dengan aktivitas menempel stiker sebagai media edukasi mengajarkan menabung. Media ini harapannya dapat membiasakan anak-anak untuk menabung serta mempersiapkan tumbuh kembang, karakter anak-anak di masa yang akan datang.

Keywords


ilustrasi; buku interaktif

Full Text:

PDF

References


Analisa daily (2019, Desember 01). Pembentukan Karakter Anak Melalui Budaya Menabung. https://analisadaily.com/berita/arsip/2019/12/1/826227/pembentukan-karakter-anak-melalui-budaya-menabung/.

Indra, R. (2013, Juli 25). Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini. https://lifestyle.kompas.com/read/2013/07/25/1054140/Ajarkan.Anak.Menabung.Sejak.Dini.

Putri, A. S. (2019, Februari 25). Intip Usia Efektif Anak Diajarkan Menabung. https://www.fimela.com/lifestyle/read/3900100/intip-usia-efektif-anak-diajarkan-menabung

Stevany, T. (2020, November 16). Nasihat Miliarder Warren Buffet: Orang Tua Hindari Kesalahan Pertama Saat Ajari Anak Soal Uang Ini. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4407491/nasihat-miliarder-warren-buffett-orang-tua-hindari-kesalahan-pertama-saat-ajari-anak-soal-uang-ini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.